25 Februari 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Pialadomino

Mulai Besok, Wisma Atlet dan Asrama Haji Beroperasi Sebagai RS Darurat COVID-19

CNNdaily – Jakarta, Demi menangani situasi darurat Corona COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta yang menjadi RS Darurat COVID-19 mulai beroperasi besok.

Pembangunan RS Darurat COVID-19 ini hanya memakan waktu empat hari. Meski begitu, jaminan kualitas dan fasilitas sesuai protokol kesehatan yang ada.

“RS Darurat COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran ini dibangun dalam waktu yang singkat, yaitu empat hari, tapi saya tetap ingatkan agar kualitas dan fasilitas yang ada nanti sesuai dengan protokol kesehatan. Karena kita ingin masalah virus Corona bisa cepat berlalu,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi pembangunan RS Darurat COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Melalui keterangan resmi yang diterima CNNdaily, Minggu (22/3/2020) proses pembangunan RS Darurat COVID-19 berjalan dengan baik. 

Kementerian PUPR menargetkan persiapan Wisma Atlet Kemayoran menjadi RS Darurat COVID-19 di Kemayoran dapat selesai pada Senin, 23 Maret 2020 sehingga bisa langsung beroperasional.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut, Wisma Atlet Kemayoran juga akan dijadikan sebagai tempat isolasi bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan.

Baca Juga :  Jokowi Menyebutkan Anggan Pendidikan dan Transformasi Digital untuk 2021

“Pasien dengan keluhan ringan, sebenarnya tak perlu di rumah sakit, bisa digeserkan (dipindah) ke sini, sehingga rumah sakit bisa fokus menangani pasien-pasien yang kondisinya berat,” ujar Terawan, Jakarta saat meninjau Wisma Atlet Kemayoran pada Minggu (22/3/2020).

Rumah sakit rujukan nantinya hanya akan menangani pasien COVID-19 dengan gejala klinis yang berat.

“Kan kita bagi, sakit berat dan ringan. Kalau dia (gejala ringan) tak bisa mengisolasi diri, bisa melakukan di rumah sakit atau di wisma atlet ini. Kami menyiapkan ribuan kamar untuk melakukan melewati ini dengan baik,” tutur Terawan.

wisma atlet

Asrama Haji Pondok Gede

Sementara itu  Menteri Agama Fachrul Razi hari ini menyerahkan secara simbolis salah satu gedung Asrama Haji Pondok Gede untuk dijadikan ruang isolasi pasien corona Covid-19 dari RS Haji Jakarta. Serah terima gedung isolasi tersebut berlangsung di Asrama Haji, Pondok Gede Jakarta Timur.

Hadir, Plt Sekjen sekaligus Dirjen Penyekenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali, Ketua Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu, Sekretaris Baznas Jaja Jaelani, Karo Perencanaan Ali Rokhmad dan Karo Keuangan Kemenag Ali Irfan.

Baca Juga :  Fakta Penyebab Meninggalnya Bayi Kembar Irish Bella dan Ammar Zoni, Kondisi Terkini hingga Penyebab Kematian

Gedung Asrama Haji yang akan dijadikan ruang isolasi penanganan Covid-19 ini diserahkan Menag kepada Direktur Utama RS Haji Jakarta Dokter Syarief Hasan Lutfie.

Selain itu, Menag juga menyerahkan bantuan berupa uang senilai Rp 3 miliar, serta bantuan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan baju hazmat. Bantuan ini bersumber dari Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kementerian Agama. Selain dari unsur Kemenag, tergabung dalam satgas ini BPKH, Baznas, dan BWI. Bantuan ini merupakan tahap awal yang nantinya akan dievaluasi sesuai kebutuhan.