14 Juni 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

manfaat ikan tongkol

Ikan Tongkol Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Cnndaily.net jakarta – Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer dikonsumsi oleh orang Indonesia. Tak cuma enak disantap, ikan ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi, seperti protein, vitamin, omega 3, yodium, magnesium, dan zat besi.

Menurut laporan Sci Alert, ikan tongkol dikenal sebagai ikan pelagis besar yang berperan penting dalam perikanan dan ekosistem laut. Spesies ini memiliki proporsi tangkapan yang substansial dan menyediakan sumber protein hewani.

Tongkol bisa dijadikan alternatif mencukupi kebutuhan protein harian Anda. Tongkol mengandung protein hewani yang sangat penting untuk membangun sel dan jaringan baru dalam tubuh serta menggantikan sel yang sudah rusak. Ikan ini juga rendah kalori hingga dapat mencegah obesitas.

Anda akan membuat tubuh lebih sehat dengan mengonsumsi ikan ini. Selain memiliki segudang nutrisi, harga ikan tongkol relatif lebih murah dan terjangkau. Ikan tongkol bisa menjadi salah satu alternatif pengganti daging sapi yang harganya cenderung lebih mahal dan mengandung kalori lebih tinggi.

Baca Juga :  Cara Efektif Turunkan Berat Badan dengan Kopi Hijau

Lalu, apa saja manfaat ikan tongkol? Berikut adalah ragam manfaat ikan tongkol bagi kesehatan yang kerap terabaikan.

Baca Juga: 10 Manfaat Vegetarian bagi Kesehatan

Baik untuk Kesehatan Mata
Ikan tongkol atau yang juga disebut ikan Kawakawa ini terkenal ampuh dalam menjaga kesehatan indera seseorang, khususnya mata. Manfaat ini dikarenakan tongkol memiliki kandungan vitamin A yang akan menjaga kesehatan mata dari dalam.

Kandungan vitamin A dan kalsium ikan tongkol juga mampu menyehatkan serta mempertajam fokus pada mata. Sehingga mata akan jauh lebih sehat dan terbebas dari masalah rabun mata. Ikan tongkol sangat cocok bagi Anda yang menggunakan kacamata minus, karena hewan ini anak meningkatkan penglihatan Anda.

Meningkatkan Fungsi Otak
Selain untuk kecantikan, kandungan omega 3 dalam ikan tongkol memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan otak. Kandungan omega 3 yang dimiliki ikan tongkol mampu memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan memicu pertumbuhan sel otak yang baru. Ikan ini juga dapat meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi.

Tak hanya omega 3, ikan tongkol juga memiliki kandungan zat besi yang bisa memperbaiki sel-sel rusak pada otak. Sehingga ikan tongkol dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak seseorang apabila dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga :  Trik Dan Tips Berhubungan Intem Saat Hamil

Menjaga Kesehatan Jantung
Ikan tongkol mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah penyakit jantung koroner. Ikan ini mengandung kadar asam lemak omega 3 yang sangat tinggi guna menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah arteri.

Mengonsumsi ikan tongkol secara rutin dapat mencegah penumpukan plak yang menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit kronis. Kandungan kadar asam lemak omega 3 pada ikan tongkol juga bisa mencegah kenaikan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko terkena hipertensi.

Ikan tongkol bisa dijadikan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda, karena mengandung berbagai mineral dan protein seperti kalium. Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi penting bagi kesehatan jantung. Ikan tongkol juga mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk pemeliharaan sistem kerja jantung.

Baca Juga: Intip 5 Potret Cantik Yeslin Wang, Mantan Istri Delon

Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Ikan tongkol dipercaya bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, yakni membuat kulit menjadi halus dan lebih lembap. Ikan yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang bisa merangsang sel dan hormon guna menjaga kulit dari radiasi maupun radikal bebas.

Baca Juga :  Peneliti Temukan Kalau Sakit Mata Menjadi Gejala Baru Covid-19

Kandungan omega 3 pada ikan tongkol juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga kulit agar tidak mudah keriput. Sel-sel kulit yang rusak akan diperbaiki oleh omega 3 yang dimiliki ikan tongkol.

Menguatkan Otot
Apakah Anda sering mengalami otot lemah, nyeri, dan mudah pegal? Ada baiknya Anda rutin mengonsumsi ikan tongkol. Sebab, ikan yang satu ini bisa membantu dalam menjaga sel serta jaringan otot.

Kandungan vitamin dalam ikan tongkol juga bisa mengembalikan otot yang sobek akibat bergerak aktif. Jika sering mengonsumsi ikan tongkol, maka Anda akan memiliki otot yang jauh lebih sehat dan kuat.