13 Juni 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Google Play Store

Cara Install Aplikasi Android di Smartphone Lewat PC

Cnndaily.net, Surabaya – Smartphone dengan sistem operasi Android memiliki toko aplikasi bawaan yakni Google Play Store.

Toko aplikasi tersebut menampung berbagai macam software terpercaya yang bisa di-“install” atau dipasang pada perangkat Android pengguna.

Ada beragam kategori aplikasi terdapat di sana. Mulai dari aplikasi untuk menunjang produktivitas, sampai dengan serangkaian game mobile yang tengah digandrungi di dunia.

Baca Juga : Banjir, Ketua MPR Memiliki Tidak Saling Menyalahkan

Aplikasi tersebut bisa diunduh dengan gratis maupun berbayar.

Biasanya, untuk menginstal aplikasi tersebut, pengguna harus masuk ke dalam Google Play Store yang ada pada ponsel masing-masing. Setelah itu, barulah aplikasi yang diinginkan dapat diinstal.

Namun ternyata, untuk menginstal aplikasi dari Google Play Store ke dalam smartphone Android, pengguna juga dapat melakukan hal tersebut dari jarak jauh.

Dengan kata lain, meski dalam keadaan tidak menggenggam ponsel pun pengguna masih bisa menginstal aplikasi secara leluasa.

Baca Juga : Waspada! Serangan Siber Ransomware Bakal Agresif di Indonesia

Bagaimana caranya?

Memasang aplikasi Android di smartphone via perangkat desktop (PC/komputer) Caranya cukup mudah, yang paling dibutuhkan untuk melakukan hal ini adalah koneksi internet yang stabil.

Baca Juga :  Wiwi Mungil: Gadis Manis Hobi Menantang Maut

Pertama-tama, buka peramban (browser) internet di perangkat desktop masing-masing pengguna, misalnya Google Chrome.

Kemudian, pengguna cukup masuk ke halaman play.google.com lalu log in menggunakan akun Google yang terdaftar di pada ponsel yang dituju.

Setelah masuk, ketika nama aplikasi yang ingin pengguna apasang pada kotak pencarian dan tekan “Enter” atau ikon “kaca pembesar”.

Beberapa saat kemudian, hasil pencarian terkait nama aplikasi atau kata kunci yang tadi dimasukkan pun bakal muncul. Di tampilan ini, pilih aplikasi yang ingin dipasang lalu tekan tombol “Install”.

Setelah meng-klik tombol tadi, akan muncul sebuah jendela pop-up.

Nah, jendela ini sejatinya dibekali dengan menu “drop down” di mana pengguna bisa memilih smathphone yang menjadi target pemasangan aplikasi, jika akun Google-nya memang telah didaftarkan di beberapa perangkat.

Pada jendela ini, pilih ponsel yang ingin dipasang dengan aplikasi tersebut. Sebagai contoh, ponsel Samsung dengan nomor model “Samsung SM-G965F”. Lalu klik “Install” dan klik “OK”di tampilan selanjutnya.

Tak lama kemudian, aplikasi yang dicari dan dipilih lewat situs Google Play Versi desktop pun bakal langsung terpasang otomatis di smathphone Android masing-masing pengguna.

Baca Juga :  Cerita Memilukan Petugas Medis AS Saksikan Pasien Corona Sekarat

Perlu dicatat, kedua perangkat, baik ponsel maupun PC sejatinya harus terhubung dengan jaringan internet.

Jika tidak, maka aplikasi yang dipilih di perangkat desktop tadi tidak akan bisa terpasang secara otomatis alias gagal di-install.