4 Agustus 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Dubes Selandia Baru, Tantowi Yahya Beber Kunci Lawan Covid

CNNdaily – Jakarta,  Dubes Selandia Baru, Tantowi Yahya sebutkan kunci lawan covid adalah menerapkan protocol kesehatan yg ketat. Pada  salah satu negara di dunia yang hingga saat ini tidak melaporkan pertambahan kasus baru virus corona.

Penanganan Covid-19 di bawah pemerintahan Perdana Menteri Jacinda Ardern terbukti mengantarkan negara itu bebas Covid-19 dan tak perlu lagi menerapkan protokol kesehatan ketat.

Setidaknya, Ardern menerapkan beberapa kebijakan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Yakni memperketat pengawasan di perbatasan, menerapkan lockdown serta jaga jarak untuk mencegah penularan di masyarakat, dan tekun menggelar pemeriksaan, penelusuran kontak, hingga karantina.

Wajib Isolasi

Semua pendatang di Selandia Baru wajib melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Dia pun meningkatkan kewaspadaan dengan melarang seluruh warga asing memasuki negaranya. Larangan itu berlaku bagi seluruh wisatawan atau pemegang visa berkala seperti mahasiswa atau pekerja.

Selandia Baru sempat dibayangi gelombang kedua Covid-19 dengan ditemukannya sejumlah kasus di kota Auckland pada Agustus dan memaksa pemerintah kembali menerapkan lockdown.

Hasilnya, pada awal Oktober, Ardern mengumumkan bahwa negaranya telah berhasil menaklukkan gelombang kedua Covid-19. Ardern menyatakan keberhasilan tersebut sekaligus melonggarkan pembatasan di Auckland.

Baca Juga :  Jakarta Terapkan PSBB Corona 10 April, Bagaimana Penerapannya?

Selain serangkaian upaya pencegahan tersebut, Selandia Baru juga selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, rutin mencuci tangan, dan memakai masker untuk mencegah penularan di masyarakat, dan tekun menggelar pemeriksaan, penelusuran kontak, hingga karantina.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya membagikan keberhasilan Selandia Baru melawan corona lewat wawancara eksklusif dengan tim CNNdaily.

Dia menyebut Selandia Baru telah beraktivitas normal seperti biasa dan warga tak perlu lagi mengenakan masker.

Kendati demikian, Tantowi mengatakan protokol kesehatan yang diterapkan saat lockdown masih terbawa di kehidupan masyarakat hingga kini.

Menurut dia, kunci sukses Selandia Baru dalam mengantarkan negaranya bebas virus corona terletak pada kepatuhan penduduk dalam mengikuti anjuran pemerintah.Tantowi Yahya
Berikut petikan wawancara tersebut..

Harus ada kerjasama dengan masyarakat

Penanganan Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah. Sehebat apa pun pemerintah, harus ada kerja sama dengan masyarakat. Nah, keberhasilan dari Selandia Baru dikarenakan ada partisipasi dari masyarakatnya.

Masyarakat berpartisipasi karena adanya kepercayaan diri dan percaya kepada pemerintah. Tanpa itu, sulit untuk membuat 5 juta penduduk di negeri ini patuh terhadap anjuran-anjuran bahkan larangan-larangan dari pemerintah.

Baca Juga :  Melihat ruangan dan Interior Perpustakaan BJ Habibie yang Bikin Betah

Nah di sini, sekali lagi, masyarakatnya percaya dan percaya diri serta yakin kepada pemerintah. Itu modalnya.