12 Mei 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Torpedo SUT Buatan PT Dirgantara Indonesia (Persero)

Jakarta, CNNDaily.net – SUT Torpedo dirancang untuk menghadapi target kapal selam dan kapal permukaan. Torpedo SUT tidak hanya dapat diluncurkan dari kapal selam dengan metode swim-out, melainkan juga dari kapal permukaan dengan metode pneumatic push-out.

SPESIFIKASI

Panjang tanpa casket : 6,150 mm (6.620 mm dengan casket) Diameter : 533mm

Berat versi tempur : 1,413.6 kg (tempur); 1,224.00 kg (latihan) Berat isian tempur : 255 kg Pendorong : motor listrik

Jarak jangkau maks. : 12 km (kecepatan 35 Knots) Jarak jangkau optimal : 28 km (kecepatan 23 Knots)

Baca Juga: Selamat Jalan, Kobe “Black Mamba” Bryant

Perusahaan Pembuat : PT Dirgantara Indonesia (Persero)

Selain data di atas, ada pula temuan lain dari JAKARTAGREATER yang mencuplik keterangan dari “Wikipedia” mengenai torpedo jenis yang sama, seperti ini datanya: Tipe : Heavyweight Torpedo

Diameter : 533 mm

Panjang dengan kasket : 6,620 mm Panjang tanpa kasket : 6,150 mm Berat varian perang : 1,414 kg Berat varian latihan : 1,224 kg

Jarak operasional : 28 km Kecepatan/ jarak : 35 knots/24,000 yd; 23 knots/ 56,000 yd Hulu ledak : 225 kg Maksimal kedalaman menyelam: 100 m

Baca Juga :  Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona di Jambi Adalah Warga Negara China

Terus terang, saya kurang paham soal persenjataan, apalagi mengurai kemampuan torpedo SUT tersebut. Namun, membaca sekilas spesifikasinya, saya menilai torpedo tersebut sudah lumayan untuk dipakai sebagai senjata perang. Dengan kategori “kelas berat” dan bisa menyelam sampai kedalaman 100 meter, trus bisa dipakai untuk senjata dalam air dan permukaan air … membuat torpedo ini semakin berdaya guna.

Yah … sebagai rakyat Indonesia yang ingin melihat kedaulatan negara dihormati oleh dunia internasional, kehadiran kapal selam dan kemampuan para “anak negeri” membuat alutsista secara mandiri … rasanya tak salah kalau kita terus memberi dukungan.

Apalagi kalau kita cermati lagi laman KKIP.GO.ID, kita juga akan tersenyum karena produksi persenjataan secara mandiri juga terbilang cukup beragam. Selain torpedo tadi, ada pula 3 jenis senapan mulai dari senjata laras pendek, laras panjang, sampai senjata khusus sniper.

Belum lagi masih ditambah produksi berbagai kendaraan taktis untuk keperluan tempur di darat, laut, dan udara … juga perlengkapan perang seperti rompi anti peluru, helm, drone, berbagai amunisi, juga roket yang bisa dipakai untuk mendukung keperluan pertahanan dan keamanan di negeri tercinta ini.

Baca Juga :  Wanita Ini Alami Kebutaan Total Setelah Tato Mata Jadi Biru

Sekali lagi, kita berharap kementrian pertahanan dan angkatan bersenjata, juga berbagai lembaga terkait, terus bersinergi untuk meningkatkan produksi dan kapasitas alutsista nasional … sehingga kita semakin “disegani” di kancah internasional.

Baca Juga: Jenis Kelainan Seksual,Kenali Pada Manusia

Meskipun kita tentu tidak ingin terjadi konflik atau perang dengan negara lain, tetapi dengan semakin berkembangnya alutsista nasional, paling tidak kita merasa tenang, juga yakin jika sewaktu-waktu terjadi perang … kita tak hanya mampu untuk mempertahankan diri, tetapi juga mampu untuk memenangkan peperangan itu. Merdeka!