24 Januari 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Joe Biden Resmi Ditetapkan Sebagai Capres AS, Penantang Trump

CNNdaily – Jakarta, Joe Biden secara resmi ditetapkan sebagai calon presiden Partai Demokrat Amerika Serikat oleh Partai Demokrat , sebagai penantang Donald Trump.

Dalam konvensi yang digelar secara virtual pada Selasa (18/8) Demokrat sepakat untuk mengusung Biden sebagai capres.

“Terima kasih semua, ini sangat berarti bagi saya dan keluarga, dan sampai jumpa pada hari Kamis,” kata Biden dalam siaran video langsung setelah pemungutan suara selesai seperti dikutip dari AFP.

Biden mendapat dukungan suara dari seluruh 50 negara bagian dan tujuh wilayah.

Walaupun telah secara resmi ditetapkan Biden sebagai Capres ini hanya formalitas, sebab dia telah memenangkan lebih dari 3.900 suara mayoritas delegasi Partai Demokrat pada Juni lalu.

Biden sebelumnya  juga telah mengumumkan Kamala Harris menjadi pendamping.

Resmi Ditetapkan

Cawapres

Kamala Harris menjadi perempuan Amerika kulit hitam keturunan imigran Jamaika-India pertama yang akan maju mengisi jabatan di skala nasional yang diusung partai politik besar.

Harris menjadi perempuan ketiga dalam sejarah AS yang dipilih mendampingi calon presiden. Sebelumnya ada politikus Partai Demokrat Geraldine Ferraro pada 1984 dan Sarah Palin dari Partai Republik pada 2008 lalu.

Baca Juga :  Pasien Sembuh Corona di Kalbar Capai 90.8 Persen Lebih

Mantan presiden Barack Obama mengatakan bahwa Biden telah membuat keputusan yang tepat telah memilih Harris.

Obama juga menggambarkan Biden sebagai wakil presiden yang hebat yang ia kenal baik selama delapan tahun ketika dia menjabat sebagai presiden.

Senator Bernie Sanders dalam konvensi itu juga menyampaikan dukungannya kepada Biden, dan memperingatkan bahwa Trump “membawa AS ke jalan otoritarianisme”.

Dia menegaskan “masa depan demokrasi AS dipertaruhkan,” dan memilih Biden daripada Trump adalah kebutuhan mutlak.

Pilpres AS rencananya akan digelar pada 3 November mendatang. Sang petahana Donald Trump akan berpasangan dengan wakilnya Mike Pence.

Partai Republik akan mengadakan konvensi pencalonan Trump untuk periode kedua pada pekan depan.