20 April 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

pendaki gunung dempo hilang asal jambi

Relawan Temukan 2 Jasad di Kawah Gunung Dempo Sumatera Selatan

Cnndaily.com , Jakarta Tim relawan Wanadri kembali menemukan mayat di kawah Gunung Dempo Pagaralam, Sumatera Selatan. Mayat-mayat itu ditemukan saat evakuasi mayat yang ditemukan sebelumnya.

Tim Wanadri Koordinator, Ari Afandi ‘Otek’ mengatakan mayat pertama yang ada di bagian atas sebelah timur gunung dievakuasi, Minggu (2019/11/03) pukul 10.30 WIB. Saat itulah dua mayat ditemukan dan semuanya langsung dimasukkan ke dalam kantong tubuh berbeda.

“Posisi kedua mayat cukup dekat. Mayat pertama diketahui dari teropong dan mayat kedua ditemukan selama evakuasi mayat pertama,” kata Ari.

Menurut dia, evakuasi dua mayat sangat sulit karena medan yang curam. tim harus turun ke kawah curam dengan kedalaman 350 meter.

“Ketika pengangkatan, jenazah seseorang mungkin robek. Evakuasi sangat sulit, kami mengirimkan dua tim ke dalam kawah,” katanya.

Dari fisik, kedua tubuh yang masih utuh. Hanya beberapa bagian dari patah tulang diduga disebabkan oleh jatuh.

“Kita tidak bisa menyatakan apakah mayat pendaki yang kita cari selama ini,” katanya.

Baca Juga :  Ngaku Masih Gadis Saat Mau Dinikahi, Suami Sah RN Dan 3 Anaknya Datang Melabrak

Baca juga: LSI: Masyarakat Masih Puas Kinerja Demokrasi Pemerintahan Jokowi

Pendaki Asal Jambi Hilang

Diketahui, sosok jenazah itu ditemukan tergeletak di tepi kawah Gunung Dempo Pagaralam, Sabtu (2019/02/11). dugaan sementara, mayat adalah salah satu dari dua pendaki yang hilang Jambi.

Tubuh pertama kali ditemukan oleh dua anggota tim yang dibentuk secara independen Wanadri untuk menemukan keberadaan korban. Awalnya penemu melihat kantong plastik warna biru di bibir kawah adalah 300 meter.

Penasaran, penemu menggunakan teropong untuk melihat lebih dekat. Ternyata, itu adalah jasad manusia telungkup. kabar tersebut langsung diterima Wanadri anggota tim lainnya.

Salah satu koordinator tim Wanadri, Akbar Zambrullah membenarkan penemuan mayat tersebut. Hanya, itu tidak yakin jenazah adalah salah satu dari dua pendaki dicari.

“Benar, kami menemukan jenazah di tepi kawah Gunung Dempo, belum tahu identitasnya,” kata Akbar, Minggu (2019/03/11).

Saat ini, pihaknya sedang mengatur strategi untuk mengungsi. Strategi harus benar-benar matang karena lokasi yang curam dan tinggi membahayakan tim.

Baca Juga :  Rusuh Dimana Mana, Fahri Hamzah Bersuara Hingga Di Bantah Mahasiswa

Baca juga: Kesal Terhadap Pelanggan, Driver Ojol ” Gak pernah nonton film azab ya?”

“Setidaknya ada 40 anggota tim Wanadri yang dikerahkan. Untuk peralatan sudah siap, mudah-mudahan segera dievakuasi,” katanya.

Dilaporkan sebelumnya, dua pendaki Muara Bungo, Jambi, M Fikri Sahdilah (19) dan Jumadi (26), mendaki Gunung Dempo Pagaralam pada tanggal 13 Oktober, 2019. Dua hari kemudian, mereka kehilangan kontak dan sejak itu tidak lagi diketahui keberadaannya.

Seminggu kemudian, keluarga dilaporkan hilang atau Selasa (2019/10/22). Tiga hari ke operasi pencarian, tim menemukan barang-barang milik dua pendaki, seperti kemeja, celana, sandal, dan celana pendek. Lokasi penemuan berada di pelataran sebelum puncak Gunung Dempo.

Tim gabungan awalnya memiliki tujuh hari untuk mencari dan ditambah tiga hari. Karena tidak menemukan petunjuk tambahan dan medan kasar dan cuaca tak terduga membuat operasi pencarian berhenti, Kamis (31/10/2019) sore.

Kemudian, beberapa kelompok pecinta alam untuk membentuk tim independen untuk melanjutkan pencarian.