22 April 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

pemasangan listrik

Mudahnya Pemasangan Listrik Baru

Cnndaily.net,jakarta – Di era serba digital seperti sekarang ini, semua kemudahan bisa tersaji hanya dalam satu sentuhan jari. Tidak hanya untuk melakukan pembayaran atau transaksi, tapi juga untuk kebutuhan lain menyangkut kebutuhan utilitas seperti listrik.

Kemajuan teknologi inilah yang ditangkap PT PLN (Persero) dalam melayani para pelanggannya. Sejak 2017 lalu, perusahaan listrik pelat merah itu telah meluncurkan aplikasi PLN Mobile yang memberikan sejumlah kemudahan bagi para pelanggannya.

Di antara berbagai layanan pada aplikasi tersebut, terdapat fitur permohonan pasang baru yang bisa memudahkan pelanggan jika ingin berlangganan baru. Aplikasi ini bisa diunduh melalui smartphone berbasis android. Aplikasi ini merupakan produk inovasi PLN bekerja sama dengan PT Indonesia Comnet Plus yang merupakan anak usaha yang diluncurkan bersamaan dengan upacara peringatan Hari Listrik Nasional dua tahun lalu.

baca juga :Tahun 2020, Layanan Google Ini Dimatikan Selamanya

Selain fitur pemasangan baru dan info-info terkait layanan lainnya, aplikasi ini merupakan Mobile Customer Self Service yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Baca Juga :  200 Ribu Karyawan Google Bakal Kerja Jarak Jauh hingga Juli 2021

Di antara layanan yang disediakan PLN Mobile adalah pengecekan tagihan listrik, melihat riwayat token, permohonan perubahan daya, penyambungan sementara, cek status pengaduan dan permohonan, informasi tarif listrik terkini. Ada pula menu untuk melihat tagihan listrik pascabayar dari bulan ke bulan sehingga kita bisa mengetahui tren besaran pembayaran listrik.

Listrik untuk Keluarga Tidak Mampu

PLN dalam beberapa tahun terakhir terus berupaya mempermudah pemasangan listrik pelanggan baru. Kemudahan ini tak hanya di wilayah yang sudah lengkap infrastrukturnya, tapi juga di daerah-daerah yang masih marjinal dan jauh dari jaringan listrik interkoneksi.

Di daerah pulau terluar pun demikian. Dengan tekad menerangi seluruh negeri, kini pulau-pulau terluar di wilayah Nusantara mulai merasakan adanya listrik dari PLN.

baca juga :Hong Kong Gelar Pemilu di Tengah Gejolak Demonstrasi

Upaya menerangi kawasan terluar, terdepan dan tertinggal (3T), ini tidaklah mudah. Petugas harus menyeberangi pulau, melintasi sungai dan mendaki gunung untuk melistriki desa-desa yang ada di kawasan 3T.

Selain menyediakan layanan listrik di kawasan 3T, PLN sepanjang tahun ini juga telah menyambungkan listrik bagi ratusan ribu rumah tangga tidak mampu. Program ini merupakan hasil kerja sama melalui BUMN untuk Negeri yang digagas Kementerian BUMN.

Baca Juga :  4 Wilayah Indonesia Kembali Diguncang Gempa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal pencanangan program listrik gratis awal tahun ini menegaskan bahwa program tersebut akan terus dilanjutkan ke seluruh Indonesia. Program yang dijalankan melalui sinergi BUMN itu diyakini penting untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu.

Berdasarkan data PLN, sinergi pemasangan listrik gratis itu melibatkan 34 BUMN dan satu anak perusahaan. Dalam pelaksanaan program ini, masyarakat mendapatkan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA. Daya 450 VA tersebut cukup untuk menggunakan televisi, penanak nasi dan menyalakan lampu.