1 November 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

train

train

Berawal Dari Tak Bisa Membelikan Mainan Untuk Anaknya, pria di Jombang Sukses Menjadi Perajin Miniatur Kereta Api.

CNNdaily.net, Jombang – Miniatur lokomotif kereta api sepanjang sekitar 45 sentimeter itu didominasi warna putih. Di beberapa bagian, terdapat corak merah dan biru yang sangat khas.

Sejumlah jendela hitam dan lampu di bagian depan membuat tampilannya makin menyerupai bentuk asli. Apalagi, tampilan gerbong serta pintunya juga tergolong akurat dan memperhatikan detail.

Ya, miniatur lokomotif dan gerbong tersebut hasil karya Veri Choirul Arif (28), warga Jalan KH Mimbar Gang ll, Desa Candimulyo Kecamatan Jombang Kota, Kabupaten Jombang.

Pemuda ini mencurahkan kegemaran terhadap berbagai benda melalui karya kerajinan miniatur berbahan kayu bekas atau limbah dari industri mebel. Dia sendiri tidak menyangka hobinya membuat kerajinan berbahan kayu kini bisa mendatangkan uang.

Baca Juga : Kekuatan Dasar Alam yang Mengendalikan Interaksi di Kehidupan

Di tangan Veri Choirul Arif, kayu-kayu yang nyaris tidak terpakai ini disulap menjadi kerajinan menarik. Berupa miniatur benda moda transportasi, sehingga memiliki nilai seni dan nilai ekonomi. Ia membuat miniatur mobil dan kereta api yang mirip dengan aslinya.

Tak hanya dipajang, miniatur kereta api, karya Veri Choirul Arif ini bisa juga digerakkan di atas rel dengan menggunakan mesin atau motor. Selain membuat kerajinan miniatur kereta api, ia juga cukup piawai mengerjakan kerajinan miniatur lainnya. Seperti rumah, bus dan benda-benda lainnya.

Baca Juga :  Jokowi Minta Rencana Sasaran Pemberian Vaksin Sudah Ada Pekan Ini

Menurut Veri Choirul Arif, bahan untuk karya miniatur kereta api dan mobil ini yang utama adalah kayu bekas yang sudah terpakai dengan ukuran kecil, tripleks, serta ‘scotlight’ atau pita perekat (stiker) yang bisa memantulkan cahaya.

“Saya kerjakan sendiri secara manual dengan alat seadanya. Cukup dengan silet, cutter, penggaris, dan amplas. Biasanya miniatur kereta api ini dipajang di meja kerja. Bisa juga untuk mainan anak,” kata Veri Choirul Arif. Veri Choirul Arif mengaku, banyak juga yang pesan dibuatkan miniatur benda non-kereta api. Seperti berbagai jenis mobil dan sebagainya.

“Prinsipnya, order pembuatan miniatur benda apa saja saya terima. Mulai kereta api, rumah, busa, truk dan sebagainya,” kata Veri. Veri Choirul Arif mengaku, untuk menuntaskan satu karya miniatur, diperlukan waktu pembuatan paling lama satu pekan. Veri Choirul Arif sendiri menggeluti kerajinan pembuatan miniatur ini sejak dua tahun lalu.

Awalnya, dia yang memang punya hobi membuat kerajinan berbahan kayu mengenalkan miniatur kereta api yang dibuatnya kepada pegawai di PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun.

Baca Juga :  Palembang asap masih terkonsentrasi di Gunung Arjuno dibom Api Air

Sejak itu, beberapa teman dari karyawan PT KAI tersebut juga memesan ke Veri. “Karya miniatur yang saya buat tersebut lebih banyak berdasarkan request atau pesanan dari peminat,” kata Veri Choirul Arif. Sedangkan soal harga, menurut Veri Choirul Arif, itu variatif.

Tergantung ukuran besar kecilnya miniatur, tingkat kesulitannya, serta dilengkapi motor penggerak atau tidak. Untuk miniatur kereta api yang tidak bisa digerakkan, berkisar Rp 300.000 hingga Rp 500 ribu per unit miniatur.

Baca Juga : Viral Penjelasan Murid Soal Karya Gambarnya yang Dikira Depresi Oleh Sang Guru,Buat Netizen Tersenyum

“Untuk yang bisa bisa digerakkan harganya antara Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta per unit,” kata Veri Choirul Arif. Kalau untuk satu miniatur lokomotif tanpa gerbong dan tidak bergerak, dipatok harga Rp 300.000 per unit. Semua patokan harga tersebut khusus untuk satu unit lokomotif, satu set rel dan sinyal kereta api.

“Kalau pemesan ingin lokomotif beserta satu gerbong saya kasi harga Rp 500 ribu. Itu sudah termasuk rel dan sinyal kereta,” terang Veri Choirul Arif. Veri Choirul Arif optimistis bisnis kerajinan akan berkembang, minimal bertahan. Karena sejauh ini, kerajinan miniatur kereta api yang terbuat dari kayu belum banyak.

Baca Juga :  Harga Emas Mengalami Koreksi Imbas Aksi Ambil Untung