19 Februari 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

jokowi

Jembatan Holtekamp Berganti Nama Jadi Youtefa, Ini Alasannya

Cnndaily.net jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada siang ini meresmikan Jembatan Youtefa yang sebelumnya bernama Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura, Papua, Senin (28/10/2019).

Nama Youtefa sendiri diambil berdasarkan permintaan masyarakat adat setempat lantaran jembatan tersebut berada di atas Teluk Youtefa.

Dia menyebutkan, jembatan ini menjadi tonggak sejarah di tanah Papua yang bukan hanya simbol penting pemersatu bangsa, tetapi juga sebagai simbol pentingnya sebuah kemajuan untuk membangun Papua.

Baca Juga: 6 Kebutuhan Yang Mahal di Jepang Tetapi Murah di Indonesia

Tanah Papua harus maju. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Papua adalah surga kecil di Indonesia. Itu adalah hal yang saya liat setiap kali berkunjung ke tanah Papua. Kalau saya hitung, saya sudah 13 kali hadir di tanah Papua,” ungkapnya.

Jokowi lantas mengimbau bahwa merawat dan memajukan Papua merupakan tugas kita bersama. Itulah mengapa, lanjutnya, Papua menjadi lokasi pertama yang ia kunjungi pasca pelantikan sebagai presiden untuk masa kerja 2019-2024 bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Baca Juga :  Dalam Setahun, Gojek Klaim kurangi 6,2 ton plastik

“Semua itu saya lakukan untuk memastikan sendiri bahwa tanah Papua dibangun dan tidak dilupakan dalam kemajuan Indonesia yang kita cintai ini,” seru Jokowi.

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Holtekamp
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Youtefa di Kota Jayapura, Papua atau sering disebut juga dengan Jembatan Holtekamp pada Senin ini. Peresmian ini bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Bekas Kerusuhan di Wamena, Jokowi Minta Perbaikan Pasar Dipercepat

Jembatan yang menghubungkan kawasan utama Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami itu diharapkan bisa mendukung kebangkitan ekonomi Papua.​​​​

Jembatan Holtekamp dibangun sejak 2015. Presiden Jokowi yang meletakkan batu pertama untuk menandai awal pembangunan jembatan dengan panjang 732 meter dan lebar 21 meter tersebut.

Pembangunan Jembatan Holtekamp yang berada di atas Teluk Youtefa tersebut menghabiskan dana sekitar Rp 1,8 triliun.