3 Maret 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Perry Warjiyo

Perry Warjiyo Dianugerahi Tokoh Ekonomi Syariah 2019

Cnndaily.net,jakarta – Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019 menetapkan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo sebagai tokoh Islam, 2019. Perry dipilih karena dukungan terhadap perkembangan ekonomi syariah.

Ketua Dewan Juri ASR 2019 Murtiaji Nur Hasan menjelaskan bahwa meskipun hanya sekitar satu tahun, BI di bawah kempimpinan Perry mengeluarkan instrumen, kebijakan, dan melakukan beberapa inisiasi mendukung ekonomi Islam. Antara lain, penerbitan Sukuk BI, karpet Indonesia Festival Ekonomi Syariah (ISEF) lima tahun berturut-turut sebelum nasional menjadi skala internasional pada tahun 2019 dan sukses.

Sementara itu, bukannya ISEF biasanya diadakan setiap akhir tahun di Surabaya, Jawa Timur, BI ganti dengan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) yang diselenggarakan di tiga wilayah. Dengan demikian, Fesyar dipencar membantu membangun kesadaran ekonomi Islam di daerah. BI juga dianggap lebih terbuka untuk bersama-sama bekerja untuk mempromosikan ekonomi Islam.

baca juga :CEO Realme Ketahuan Gunakan Iphone

“Pada beberapa kesempatan, bank sentral menyatakan siap pengumpulan perilaku data yang PDRB / GDP syariah bersama Bappenas dan KNKS, sinergi dengan industri. Kebijakan serupa antara syariah konvensional juga terus hadir,” kata Hasan dalam siaran pers, Selasa (19/11 / 2019).

Baca Juga :  Wanita Ini Alami Kebutaan Total Setelah Tato Mata Jadi Biru

Ketua Komite ASR 2019 Elba Damhuri menambahkan, Perry juga dimasukkan ke dalam indikator ekonomi Islam stabilitas sistem keuangan. Perry bergabung dengan pasar keuangan Islam pendalaman dan penguatan keuangan Islam untuk pembiayaan. Juga, pemberdayaan ekonomi Islam dan memperkuat penelitian, pengkajian, dan pendidikan ekonomi Islam.

“Dalam pendalam pasar syariah, Perry mendukung penerbitan ketentuan Negotiable Certificate of Deposit (NCD) Syariah, bersama-sama dengan instrumen keuangan wakaf berbasis syariah pemerintah memasilitasi, serta pembiayaan berbasis ISF,” kata Elba.

pemberdayaan ekonomi Islam di sektor riil BI dengan halal pengembangan rantai nilai (halal value chain), dan mendukung pembentukan kawasan ekonomi Islam, serta penguatan kelembagaan dan infrastruktur pendukung, termasuk pembentukan Infrastruktur Dunia Islamic Bank (WIIB) .

baca juga :Sudah Dianggap Anak Kandung, Ruben Izinkan ASI Istrinya Buat Betrand Peto

Untuk memperkuat penelitian dan pendidikan, BI melakukan aktivasi percepatan zakat dan sistem informasi wakaf serta mendukung pembentukan Awqaf Institute International. BI juga membantu penyusunan kurikulum ekonomi dan keuangan Islam untuk berbagai tingkat tingkat pendidikan.

Baca Juga :  5 Wisata Air Terjun Cantik di Sumatera Utara Buat Liburan Seru!

“BI terus mendorong peran ekonomi Islam dalam mendukung pertumbuhan dan ketahanan ekonomi nasional Ekonomi syariah nilai BI. Sebagai jawaban terhadap masalah-masalah ekonomi yang masih ada di Indonesia, yakni kesenjangan sosial,” kata Elba.

Perry juga telah membayar perhatian pada digitalisasi keuangan Islam untuk berperan dalam memperkuat perekonomian nasional. Sistem Islam masuk ke sistem pembayaran digital yang semakin marak.

Selain penghargaan kepada seseorang yang dikreditkan untuk industri keuangan Islam, ASR 2019 juga memberikan apresiasi kepada sejumlah lembaga yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri syariah di negara itu sebagai perbankan syariah, unit usaha syariah (UUS), Takaful, fintech, lembaga filantropi, tujuan wisata halal, dan kepala pengembangan pariwisata halal wilayah yang bersangkutan.