20 April 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

mobil

Pemerintah Targetkan 2022 Produksi Massal Mobil Listrik Anak Bangsa

CNNdaily.net, Jakarta – Pada 2022 mobil listrik ditargetkan sudah bisa di produksi Massal oleh anak bangsa. Pemerintah sudah mulai merancang produksi massal mobil listrik anak bangsa.

Pemerintah juga menawarkan kerja sama dengan industri untuk keperluan itu. Mohammad Nasir, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mengatakan, pembahasan dengan industri untuk menarik inverstor terus-terusan dilakukan.

Pemerintah menawarkan dua kendaraan listrik yang bisa dikerjasamakan, yaitu bus listrik dan mobil listrik keluarga ataupun sedan. Ujarnya, keputusan kendaraan listrik seperti apa yang di prodiksi akan tergantung survei pasar.

Baca juga : Pacaran Hingga 7 Tahun, Sang Pacar Aswar Tidak Tau Jika Kekasihnya Akan Dinikahi Orang Lain

Nasir mengaku akan melihat bus listrik yang sudah di kembangkan di Singapura sebagai bahan perbandingan.

Pemerintah juga sedang memetakan supply chain masing masing komponen sehingga semuanya bisa diproduksi di dalam negeri. Untuk mengenai Total investasinya, Mohammad Nasir mengaku belum ada angkanya karena masih dalam tahap membahas integrasi supply chain komponen yang bisa dipasok di dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga :  Seorang Siswa SD Membacakan Puisi Tentang Korupsi Di Depan Roadshow KPK

“Ini supply chainyang ada di Indonesia luar biasa. Mudah-mudahan ini (mobil listrik) bisa terwujud di negeri ini,” Ucap Nasir seusai Penyambutan Kedatangan Tim Rally dan Jambore Kendaraan Listrik Nasional di Kantor BPPT, Jakarta, kemarin.

Untuk komponen diharapkan bisa dipasok dari dalam negeri. Contohnya untuk alumunium sudah ada PT. Inalum yang bisa memasok. Untuk baterai, saat ini pembangunan pabrik baterai di Morowali sudah dimulai.

”Jika hal ini bisa dilakukan, berarti kita bisa menghadapi kompetisi yang sangat hebat. Sangat kompetitif produk Indonesia. Karena Supply chain-nya ada di Indonesia semua. Untuk beberapa yang ada di luar negeri perlahan akan kita gandeng agar potensi produksi mobil listrik bisa di lakukan di Indonesia,” ucapnya.

Nasir juga mengatakan, motor listrik tahun ini sudah mulai produksi dan sudah merayap di jalanan Indonesia. Tahap selanjutnya adalah produksi untuk mobil listrik. Dia juga menargetkan pada 2022 produksi massal untuk mobil listrik nasional akan terwujud.

”Motor listrik sudah selesai, dan sudah mulai merayap. Kita sama-sama berharap pada tahun 2022 mobil listrik sudah bisa diproduksi di indonesia. Hasil karya Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga :  Pipa Pertamina Cimahi Meledak, Seorang WNA Pekerja Proyek Kereta Cepat Tewas dan Cek Jalur Alternatif Bandung-Cimahi

Baca juga : Unggah Foto Nungging Bareng Pacar Cantik, Lucinta Luna Aku Hamil Baby Annabelle 3 Bulan

Sementara itu, Kegiatan rally mobil listrik melibatkan tujuh mobil dan tiga sepeda motor selama tujuh hari, Dimulai sejak 28 Agustus hingga 3 September dengan menempuh jarak sekitar 800 km. Beberapa kendaraan yang mengikuti rally sudah menggunakan komponen hasil riset ITS seperti sepeda motor listrik, controller, battery pack, dan BMS.

Untuk rute perjalanan dimulai dari surabaya menuju jakarta ditempuh melalui jalur selatan pulau jawa.Dipilihnya jalur ini karena memiliki karakter jalan yang bervariasi mulai dari jalan datar, berbukit, dan berkelok. Selama perjalanan proses pengisian energi dilakukan di fasilitas stasiun pengisian listrik umun (SPLU) milik PLN.

Total ada 15 SPLU yang digunakan, yakni mulai dari Ngawi, Sragen, Yogyakarta, Purworejo, Gombang, Wangon, Majenang, Tasikmalaya, Garut, Cicalengka, Bandung, Purwakarta, Karawang, Bekasi, hingga Jakarta. Rekor ITS Mochamad Ashari mengungkapkan, selama perjalanan tidak ditemui kerusakan mayor pada kendaraan.

Satu antara peserta rally mahasiswa S-2 jurusan teknik elektro ITS Yoga Uta Nugraha menjelaskan, mobil listrik yang dibawa ITS ini beberapa komponennya seperti motor listrik, controller, battery pack, dan battery management system-nya dibuat sendiri melalui hasil riset mereka.

Baca Juga :  Nokia Kini Hadir Dengan 3 Kamera Belakang

“Maka dari itu, rally ini juga untuk menguji komponen kami sendiri. Selain itu, juga kami ingin menyosialisasikan kendaraan listrik ke masyarakat,” ungkapnya.