30 Oktober 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Pegawai positif Corona, Sejumlah Kantor Kementerian Dan Dirjen Tutup Sementra

CNNdaily – JakartaDirektorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) mengumumkan adanya pegawai positif corona (Covid-19) setelah melalui tes swab.

Berdasarkan informasi yang diterima tim CNNdaily dari staf internal Ditjen PKH Kementan, Senin (24/8/2020), ada sebanyak 17 orang pegawai Ditjen PKH yang positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab.

Menindaki situasi ini, Plt Sekretaris Ditjen PKH Makmun mengatakan, pihaknya melakukan tes poperase chain reaction (PCR) kepada seluruh pegawai, serta menutup sementara kegiatan di kantor Ditjen PKH di Gedung C Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan.

“Gedung C Lantai 6-9 dilakukan Lockdown untuk dilakukan Desinfeksi pada seluruh ruangan dan mobil jemputan Ditjen PKH serta seluruh pegawai untuk dilakukan Swab guna diuji PCR,” kata Makmun dalam keterangan tertulis, Senin (24/8/2020).

 

Lockdown tersebut akan dilakukan selama 3 hari, mulai Senin 24 Agustus 2020 hingga Rabu, 26 Agustus 2020. Makmun mengarahkan seluruh pegawai untuk bekerja di rumah (work from home/WFH) selama masa lockdown, dan wajib melaporkannya sesuai surat edaran.

“Bagi pegawai yang dinyatakan Negatif Covid-19 berdasarkan hasil PCR Dapat melakukan Kegiatan Pertemuan di luar kantor atau Dinas Luar Kantor dengan tetap menerapkan Protokol Covid-19 secara ketat,” imbuhnya.

Menurut kabar yang diberikan staf internal Ditjen PKH, seluruh pegawainya diwajibkan untuk melakukan tes swab sejak 1-2 pekan yang lalu.

“Pegawai yang hasil PCR nya positif telah/dan akan dilakukan Isolasi Mandiri dan penanganan lainnya sesuai tingkat keparahan penyakit serta melaporkan perkembangan penyakitnya setiap hari kepada atasan langsung dan atasan langsung melaporkan ke Plt Sesditjen PKH,” tutur Makmun.

Ditjen Imigrasi Tutup 10 Hari

Kantor Direktorat Jenderal Imigrasi di Jalan HR Rasuna Said Kav X6 Nomor 8 Kuningan Jakarta Selatan ditutup selama 10 hari mulai 12-21 Agustus 2020 untuk disterilisasi karena terdapat 5 petugas imigrasi yang terpapar Covid-19.

Meskipun demikian pelayanan visa onshore bagi WNA yang tinggal di Indonesia tetap berjalan.

Seluruh pegawai Kemenkumham yang berkantor di Gedung ex-Sentra Mulia tersebut diperintahkan untuk bekerja dari rumah (work from home).

“Sehingga praktis tidak ada aktivitas apapun di Kantor Pusat Ditjen Imigrasi,” tegas Kabag Humas Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang di Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

pegawai positif corona

Pelayanan visa onshore dilayani secara online melalui website visa-online. Petugas pemeriksa berkas permohonan visa terus bekerja untuk memverifikasi seluruh berkas yang telah masuk.

Direktorat Jenderal Imigrasi mengimbau agar para Orang Asing dan juga penjaminnya yang telah mengajukan permohonan visa tidak perlu khawatir atau panik karena meskipun kantor pusat ditutup, pelayanan visa onshore tetap berjalan.

“Secara berkala, Kantor Pusat Ditjen Imigrasi disemprot dan dibersihkan dengan disinfektan. Setiap orang juga dilarang masuk untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Arvin.

 

Baca Juga :  Independen dari AS, Eropa Sepakat Kembangkan Banyak Senjata