29 Oktober 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

datuk

Bob Hasan, Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) tutup usia

CNNdaily – Jakarta Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Bob Hasan, tutup usia, Selasa (31/3/2020). Salah satu pengusaha ternama di Tanah Air itu menghembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada pukul 11.00 WIB setelah berjuang melawan penyakit kanker.

Tokoh sepak bola Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, membenarkan berita ini. Pria yang pernah mengelola perusahaan milik mendiang Bob Hasan itu mengatakan, jenazah selanjutnya akan dibawa ke rumah duka dan sore ini juga akan dibawa langsung terbang ke Semarang.

“Almarhum akan dimakamkan di Kompleks Ungaran, Semarang, milik ayah angkatnya Gatot Subroto,” kata Andi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa siang (31/3/2020).

Andi dikenal sangat dekat dengan Bob Hasan. Sebab pria asal Makssar itu cukup lama dipercaya mengelola perusahaan milik pria asal Semarang tersebut. “Dia orang baik,” kata ADS terisak. 

“Pendidik, dan ringan tangan membantu sesamanya,” sambung Andi menahan tangis.

PASI

Andi tidak kuasa menahan tangis. Suaranya terisak terdengar di seberang telepon. Masih dengan suara terbata-bata, pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Badan Liga Indonesia (BLI) itu minta izin menyudahi percakapan. “Udah dulu ya…Dia orang baik,” ujar ADS sebelum menutup teleponnya. 

Baca Juga :  Maria Ozawa 'Miyabi' Secara Langsung Dukung Timnas Indonesia U-22

Mohammad (Bob) Hasan, lahir di Semarang tahun 1931. Dia adalah pengusaha yang juga pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII era Presiden Soeharto. Bob Hasan sejak kecil diasuh sebagai anak oleh Jenderal Gatot Subroto.

Kiprah di Olahraga

Di kancah olahraga, Bob Hasan sangat dekat dengan atletik. Sebelum tutup usia, Bob masih menjabat sebagai Ketua PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Jabatan ini sudah disandang Bob sejak era presiden Soeharto dan tetap menjabat hingga 42 tahun kemudian. Sementara di internasional, Bob merupakan Honorary Life Council Member International Associations of Athletic Federation. 

Selama menjabat sebagai ketua PASI, Bob Hasan dikenal sangat dekat dengan atlet-atletnya. Bahkan, Bob Hasan merupakan penyokong dana sprinter andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri. Bob membiayai kebutuhan Zohri untuk mengikuti lomba lari dunia di Finlandia, Juli 2018. Mulai dari biaya latihan, persiapan, akomodasi, dan kebutuhan lainnya. Semua dari kocek pribadi Bob Hasan.