16 April 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Sejumlah Perawat di Jerman Dirawat di RS Karena Over Dosis Vaksin Corona

CNNdaily – Stralsund, Delapan perawat panti jompo di Kota Stralsund, utara Jerman, secara tidak sengaja mendapat suntikan over dosis vaksin corona Pfizer/BioNTech dari seharusnya.

Delapan perawat itu berusia antara 38-54 tahun dan terdiri dari tujuh perawat wanita dan seorang perawat laki-laki. Mereka mendapat over dosis vaksin corona, lima suntikan vaksin dari yang seharusnya hanya sekali.

Pihak berwenang distrik Vorpommern-Rügen mengatakan empat dari delapan perawat itu langsung dibawa ke rumah sakit untuk diobservasi setelah mengalami efek samping gejala seperti flu.

Over dosis vaksin corona

“Saya sangat menyesali insiden seperti ini bisa terjadi. Kasus individual ini terjadi karena kesalahan manusia. Saya berharap seluruh perawat tersebut tidak mengalami efek samping serius,” kata ketua distrik Vorpommern-Rügen melalui pernyataan seperti dikutip DW pada Selasa (29/12).

Pihak berwenang Vorpommern-Rügen menekankan bahwa dosis berlebih juga pernah digunakan saat fase pertama vaksinasi berlangsung. Hal itu, kata mereka, tidak menimbulkan konsekuensi serius.

Jerman bersama sejumlah negara di Eropa memulai proses vaksinasi massal sejak akhir pekan lalu.

Baca Juga :  Pria Teror Pelempar Sprema Di Tasikmalaya Akhirnya Ditangkap

Vaksinasi di Jerman dilakukan ketika negara di Eropa barat itu tengah menghadapi lonjakan kasus baru dan kematian akibat virus corona.

Selain itu, layaknya negara di dunia, negara Eropa tengah mewaspadai kemunculan mutasi virus corona baru di Inggris yang dinilai 70 persen lebih cepat menular.

Meski begitu, para ahli belum menemukan apakah mutasi virus ini lebih mematikan atau tidak.

Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin akan disuntik vaksin corona (Covid-19) Sputnik V. Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov mengatakan langkah divaksinasi itu bakal diumumkan Putin sendiri kepada publik.

“Kita bisa berharap di masa yang akan datang, presiden akan mengumumkan dirinya sendiri soal keputusan ini [divaksinasi Sputnik V].” ujar Peskov menjawab wawancara dalam program televisi Rossiya-1 seperti dikutip dari kantor berita Rusia, Tass, Minggu (27/12).

Jubir Kremlin itu menegaskan pada pengumuman itu, bukan hanya sekedar divaksinasi, Putin akan menjadi sosok pertama yang disuntik vaksin corona produksi Rusia tersebut.

Dosis Vaksin Corona

Pernyataan Peskov itu berkebalikan dengan apa yang disampaikan Putin sebelumnya dalam jumpa pers pada Kamis (17/12). Putin, menyatakan dia tidak akan menjalani vaksinasi virus corona (Covid-19) menggunakan vaksin Sputnik V karena faktor usia.

Baca Juga :  Dubes RI di UEA Disuntik Vaksin Corona, Hingga Saat ini Kondisinya Sehat