29 September 2022

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

kreta api

Mantapp! Kerata Api Dari Siantar Ke Danau Toba Akan Dibangun

CNNdaily.net, Jakarta – Sebagai destinasi super prioritas, Danau Toba masih sangat membutuhkan moda transportasi yang mendukung kemudahan perjalanan wisatawan. selain jalan tol yang sedang dalam tahap pengerjaan, pemerintah juga menggodok jalur kereta api (KA) dari pematang siantar ke Parapat.

Jalur KA Siantar – Parapat

Akses kereta api kota siantar ke pintu gerbang Danau Toba tersebut direncanakan memiliki panjang 68,9 kilometer. Sekaligus menghubungkan parapat dengan bandara Kualanamu dan Kota Medan sehingga berpotensi untuk meningkatkan kunjungan turis baik domestik maupun juga luar negeri.

Baca juga : Pantai Raya Tigaras, Tempat Foto Kekinian di Danau Toba

Pembangunan lintasan kereta api yang akan sergera dikerjakan pada tahun 2019 ini tengah dibahas oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan kementerian perhubungan (Kemenhub). Kabar baik untuk pecinta Danau Toba itu diungkapkan oleh Arie Prasetyo, Dirut BPODT

Dalam peernyataannya, anggaran pembangunan rel kereta api siantar – parapat (Simalungun) telah ada serta memakai biaya dari badan usaha dan pemerintah.

Baca Juga :  Coba Usir Rasa Jenuh dan Malas Bekerja Dengan 5 Cara Ini

Dorong Akses Wisata

Jalur keretaApi ke danau toba diharapkan mampu mendorong percepatan destinasi unggulan di Sumatera Utara ini dengan penyediaan layanan perjalanan yang berkualitas. Seperti diketahui, pengembangan kawan Toba sedang gencar-gencarnya dilakukan, mulai dari proyek kewirausahaan, pembangunan homestay dan penyediaan fasilitas internet wisata.

Baca juga : 6 Wisata Kuliner liburan di Bangkok Thailand lebih menyenangkan

Di beberapa destinasi wisata Tanah Air, Kereta api memang tak hanya difungsikan sebatas moda transportasi biasa. Namun di Surabaya, Bandung dan Semarang PT KAI telah menyediakan fasilitas kereta api wisata yang terdiri dari beberapa series dan dilengkapi pula dengan beragam fitur menarik.

Pilihan KA Wisata tersebut tentu menambah kenyamanan turis apalagi bagi mereka yang membutuhkan privasi sehingga tidak lagi harus merasakan kereta jenis bisnis, ekonomi ataupun sksekutif.

Bukan fasilitas itu saja, infrastruktur Danau Toba lainnya juga turut dikembangkan, seperti Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII di Tapanuli Utara. Kuantitas atau daya tampung bandara yang dahulu bernama Silangit Airport tersebut ke depannya akan tambah.

Baca Juga :  BJ Habibie Kembali Dirawat Intensif Hari Ini