20 April 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

jokervip123

Mahfud Md : Jokowi Tidak Pernah Membicarakan tentang Reshuffle Kabinet

CNNdaily – Jakarta,  Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada tanda-tanda dari Presiden Jokowi tentang reshuffle kabinet. Dia tidak mendengar rencana tersebut.

Reshuffle saya tidak dengar dan tidak ingin dengar, untuk apa? Sejauh yang saya tahu, Presiden tidak pernah bicara reshuffle, tidak pernah memberikan isyarat-isyarat reshuffle,” kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurut dia, selama di sidang kabinet Jokowi biasa saja. Tidak ada yang menunjukkan sikap atau pernyataan tentang masalah tersebut.

“Kita kan rata-rata setiap seminggu sidang kabinet itu dua atau tiga kali. Tidak ada isyarat itu. Baik dari sikap maupun pernyataan. Jadi itu hak prerogatif Presiden,” tukasnya.

Sebelumnya, Jokowi disebut menggelar pertemuan dengan para relawannya di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 18 Februari 2020

Kepada para relawan yang memberikan kontribusi untuk pemilihan presiden pada tahun 2019 lalu, Jokowi mengatakan bahwa akan ada reshuffle kabinet.

Isu Reshuffle cabinet pertama kali diucapkan oleh salah seorang pendukung Jokowi, Dede Budhyarto dalam akun Twitternya pada hari Jumat,  21 Februari 2020. Dede mengungkapkan hasil pertemuan para pendukung  dengan Jokowi.

Baca Juga :  Ledakan Badai Matahari Berdampak ke Bumi, Berupa Aurora dan Ganggu Radio

Dia mengatakan bahwa Jokowi akan menggantikan menteri menteri yang dinilai kinerjanya tidak bagus. Sementara Dede belum mengungkapkan siapa saja menteri yang akan diganti.

“Pengen cerita hasil pertemuan dengan Presiden @jokowi. Eh pulang dari Istana Bogor malah sakit. Intinya bakal ada resafel tunggu saja yah. Menteri yang kinerjanya ndak bagus klen bakalan dicukupkan,” tulis Dede.

Saat dihubungi melalui telepon, Dede tidak mau mengomentari kicauannya yg viral tersebut. Dia mengaku sedang  sakit.

“Maaf ya saya sedang sakit, tidak bisa menjawab. Maaf ya,” ucap Dede saat dihubungi.

Adanya pertemuan antara Jokowi dan para pegiat media sosial dibenarkan pihak Istana. Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, Jokowi bertemu para pegiat media sosial di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020).

Namun, ia membantah pertemuan tersebut membahas reshuffle kabinet. Pertemuan tersebut, menurut Fadjroel, hanya silaturahim antara Jokowi dan para pegiat media sosial.

Ia menegaskan, tidak ada rencana perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju. Oleh karenanya, semua anggota kabinet diperintahkan untuk fokus terhadap fungsi kementeriannya masing-masing dan segera beradaptasi.

Baca Juga :  Kurir Umar Kei Selundupkan Sabu ke Rutan Pakai Kaleng Biskuit

Meski demikian, Fadjroel mengatakan, pertemuan tersebut sempat menyinggung kinerja menteri yang dinilai kurang cepat dan kurang mampu beradaptasi. Fadjroel bahkan menyampaikan pernyataan Jokowi yang tak segan mencopot menteri yang kerjanya lamban dan tidak bisa beradaptasi. “Presiden Joko Widodo menyatakan, ‘Apa-apa perlu penyesuaian. Ada yang cepat beradaptasi, ada yang tidak. Mohon sedikit dimaafkan dulu’,” kata Fadjroel menirukan ucapan Jokowi kepada para pegiat media sosial.