18 April 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

zonakasino

Mahathir Mohamad Menyerahkan Surat Pengunduran Diri Sebagai PM Malaysia

CNNdaily-Kuala Lumpur, Mahathir Mohamad telah menyerahkan surat peletakan jabatan sebagai Perdana Menteri Malaysia kepada di-Pertuan Agong Malaysia, Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, di Kuala Lumpur, Senin (24/2/2020).

Pada hari Senin pagi, Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim, Wakil Perdana Menteri Wan Azizah Wan Ismail dan Ketua DAP Lim Guan Eng telah bertemu Mahathir Mohamad di kediamannya di Seri Kembangan.

Menurut penyataan resmi dari Kantor Perdana Menteri Malaysia, bahwa Mahathir Mohamad menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Yang di-Pertuan Agong di Istana Negara pada jam 13:00 waktu setempat.

Kemudian pada pukul 14:00, Anwar Ibrahim akan diterima di Istana Negara. Walau belum dapat di pastikan, apakah pemanggilan ini ada kaitan nya dengan akan diangkatnya Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri untuk menggantikan Mahathir Mohamad .

Menurut laporan yang di himpun , pengunduran diri itu berkaitan dengan adanya pergolakan politik yang terjadi dalam koalisi Pakatan Harapan (PH) sejak musyawarah Majelis Presiden pada hari Jumat (21/02) lalu.

Baca Juga :  Ma'ruf Amin : Pengganti Libur Idul Fitri Dimajukan ke Bulan Juli 2020

Pada hari Minggu (23/02/2020) malam waktu setempat, pimpinan partai politik Koalisi Pakatan Harapan pendukung Mahathir mengadakan pertemuan dengan partai oposisi Koalisi Barisan Nasional (BN) namun tidak ada pernyataan resmi setelah pertemuan tersebut.

Mahathir Mohamad telah menyampaikan surat perletakan jawatan sebagai Perdana Menteri Raja Malaysia. Surat itu dihantar pada hari Senin (24/02/2020).

Seperti dengan apa yang disebutkan beberapa media lokal, bahwa dengan peletakan jabatan Perdana Menteri Malaysaia oleh Mahatir, maka akan membuka jalan untuk kemungkinan pembentukan pemerintahan baru.   

Sebelumya, Mahathir Mohamad telah berjanji akan menyerahkan jabatan kepada Anwar Ibrahim. Namun, menurut laporan terkini, partai Pakatan Rakyat Harapan, malah akan  merancang pemerintahan baru tanpa mengangkat Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia.

Walau bagaimanapun, dalam pertemuan Anwar Ibrhaim dan Wakil Perdana Menteri Malaysia Dr Wan Azizah Wan Ismail, so markas besar  PKR dengan para pemimpin parti, Anwar mengatakan kepada wartawan yang menunggu di luar, bahwa beliau sangat puas  dengan pertemuan beliau dengan Mahathir Mohamad. (Ads-h)

Baca Juga :  Innalillah, Mantan Senator 3 Periode Asal Riau Maimanah Umar Tutup Usia