21 April 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

F-16 Block 72 Viper Terbaru

Indonesia Pesan 2 Jet Tempur Canggih (AS), F-16 Block 72 Viper Terbaru

Cnndaily.net, Jakarta – TNI AU akan memiliki dua jet tempur canggih Amerika Serikat (AS), F-16 Block 72 Viper. Dua jet tempur itu akan didatangkan dari Amerika Serikat (AS), untuk rencana strategis 2020-2024 mendatang.

Indonesia sudah punya 33 jet temput F-16 Fighting Falcon dengan berbagai tipe. Tipe, F-16 Block 72 Viper menjadi yang terbaru. Dilaporkan , pesawat tempur ini punya sejumlah kemampuan canggih. Diantaranya penggabungan beberapa kemampuan dari tipe F-16 sebelumnya.

Salah satu yang menonjol yaitu kemampuan radar APG-83. Radar ini termasuk dalam Active Electronically Scaned Array (AESA) atau radar Arry. Radar ini mampu melacak 20 target secara bersamaan. Dia mampu menghasilkan peta radar apeture sintesis dengan resolusi tinggi.

Baca Juga: Luar Biasa Karena Anaknya Tidak Naik Kelas, Orang Tua Siswa Gugat 551 Juta Hingga Mau Sita Tanah Sekolah

Bukan hanya itu saja, radar ini juga punya jangkauan hingga 160 mil laut dari target darat. Sehingga, operasi mode udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan menjadi satu.

Baca Juga :  Anak Ditemukan Kritis Saat Demo DPR, Orangtua Faisal Akan Lapor Komnas HAM

Kemampuan operasionalnya makin ditingkatkan, dengan datalink canggih, Pod penargetan dan senjata. Kemudian Navigasi GPS presisi dan Automatic Ground Collision Avoidance System (Auto GCAS).

Dari sisi keamanan dan akselerasi, jet ini melengkapi kursi pengemudi dengan Joint Helmet Mounted Cueing System II (JHMCS II). Pilot bisa mengarahkan senjata dan sensor hanya dengan mengerakkan kepalanya. Dalam situasi yang kritis, pilot masih bisa membidik dan tidak perlu melihat ke tampilan kokpit untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

JHMCS II adalah sistem digital yang menggabungkan pelacak inersia optik hybrid terbaru. Selain itu, JHMCS II juga tidak membutuhkan kokpit magnetic mapping seperti versi sebelumnya.

F-16 Block 70 juga punya teknologi canggih yang bisa disesuaikan dan mendukung Dalam situasi yang kritis, pilot masih bisa membidik dan tidak perlu melihat ke tampilan kokpit untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

Baca Juga: Febrian Bersuara Mirip Jokowi Stand Up Comedy di Sekolah, Siswa-Guru Ngakak

JHMCS II adalah sistem digital yang menggabungkan pelacak inersia optik hybrid terbaru. Selain itu, JHMCS II juga tidak membutuhkan kokpit magnetic mapping seperti versi sebelumnya.

Baca Juga :  Joe Biden : Kita Bisa Raih Lebih dari 300 Suara Elektoral Pilpres

Jet tempur ini juga dilengkapi dengan senjata canggih. Dimulai dari sistem target dengan AAQ-33 Sniper Advanced Targeting Pod, AAQ-28 Litening II Advanced Targeting Pod, hingga AAQ-32 Integrated FLIR Targeting System.

Kemudian Roket atau Senjata Pods, yang terdiri dari roket MK-4, MK-66 2.77-in, APKWS Laser 2.75-in, MK-4, MK-66 2.77-in, roket pod LAU-68/131 dan LAU-3A/5003.