26 September 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Mengorek Data Penghasilan dari YouTuber yang Jadi Viral

CNNdaily – Jakarta – Akhir-akhir ini tak sedikit YouTuber jadi viral akibat mengunggah konten yang terkesan kontroversial bahkan ‘asal-asalan’ di YouTube. Seperti Edo Dwi Putra dengan konten prank daging kurban berisi sampah dan terbaru musisi Anji yang mendatangkan Hadi Pranoto yang mengklaim punya obat Corona.

Entah apa motifnya, namun diyakini semua itu dilakukan demi menarik lebih banyak viewers dalam waktu singkat. Setidaknya demikian menurut Direktur ICT Institute Heru Sutadi.

“Ya, sekarang semua serba ingin dapat viewer banyak memang akan mencari isu kontroversial, orang kontroversial, dan aktivitas kontroversial, termasuk prank,” sebut Heru kepada tim redaksi CNNdaily, Senin (3/8/2020).

Memang, mengunggah video ke YouTube apalagi bisa menarik banyak viewers akan membuat cuan si pemilik video tersebut. Tak sedikit orang mendadak sukses dan kaya raya berkat penghasilan dari YouTube.

Salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube adalah monetisasi. Artinya, kalian mengizinkan YouTube untuk menaruh iklan di video kalian. Tarif aktual yang dibayarkan pengiklan bervariasi, biasanya antara US$ 0,10 – US$ 0,30 per tampilan, namun rata-rata yang diberikan adalah US$ 0,18 per penampilan. Rata-rata saluran YouTube dapat menerima US$ 18 per 1000 tampilan iklan.

Baca Juga :  Ketika polisi Joget Bareng Sebelum Massa Buruh Unjuk Rasa Menjelang Parlemen Berakhir

Eits, itu baru penghasilan dari monetisasi. Ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang sebagai YouTuber dengan hasil yang lebih besar pula.

Berikut cara mendapatkan uang dari YouTube yang dirangkum tim CNNdaily:

Bergabung di YPP

YouTube Partner Program (YPP) memungkinkan kreator untuk memonetisasi konten di YouTube. Tapi, tidak semua channel bisa bergabung dengan program ini.

Untuk bergabung dengan YPP, kanal kalian harus ditonton selama 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber. Ketentuan ini memungkinkan YouTube untuk mengevaluasi kanal yang mendaftar.

Selain ketentuan di atas, kalian juga harus memastikan hanya memiliki satu akun Google AdSense. Daftarkan akun AdSense kalian saat mendaftarkan kanal di YPP.

Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Iklan

Setelah terdaftar dengan YPP kalian akan mendapatkan lebih banyak tool yang bermanfaat untuk kreator. Tidak hanya itu, kalian tentu saja sudah bisa memasang iklan dan mendapatkan uang dari YouTube.

Agar video kalian bisa dipasangi iklan, pastikan jika video tersebut menuruti ketentuan YouTube tentang konten ramah pengiklan. Jika video kalian mengandung topik yang sensitif, lebih baik matikan monetisasi di video tersebut agar tidak dicekal dari YPP.

Baca Juga :  Sebanyak 5 Pasien Positif Corona Covid-19 di Indonesia Dinyatakan Sembuh

Cara mengaktifkan iklan di video YouTube adalah login ke YouTube dan masuk ke studio.youtube.com. Di menu sebelah kiri klik Videos. Pilih satu video dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Pilih jenis iklan yang ingin kalian tampilkan lalu klik Save.

 

Keanggotaan Channel

Keanggotaan channel bisa dibilang seperti grup penggemar untuk channel YouTube kalian. Pengikut setia kalian bisa membayar biaya keanggotaan bulanan dan sebagai gantinya mereka akan menerima konten khusus dari kalian.

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber. Cara mengaktifkannya login ke akun Google kalian, pilih tab Memberships, klik Get Started dan ikuti petunjuk di layar.

Rak Merchandise

Rak merchandise memungkinkan kalian menjual pernak-pernik resmi yang terkait dengan brand dan kanal kalian. Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang dari YouTube kalian harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Untuk mengaktifkan fitur ini, login ke YouTube Studio. Di menu sebelah kiri klik Monetization dan klik tab Merchandise. Kalian hanya akan melihat opsi ini jika channel kalian eligible. Ikuti petunjuk yang ada di layar.

Baca Juga :  Korsel Sedang Selidiki Dugaan Perbudakan WNI di Kapal China

jadi viral

Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers adalah cara kalian untuk berinteraksi dengan subscriber dan penggemar lewat live chat. Agar kalian bisa mendapatkan uang, penggemar kalian bisa membayar agar pesan yang mereka kirim bisa disorot di live chat.

Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang, login ke YouTube Studio dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Di menu sisi atas yang ada di dashboard utama, klik Live Chat lalu Get Started. Ikuti petunjuk yang ada di layar.

YouTube Premium

Cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya adalah dengan mendapatkan YouTube Premium Revenue. YouTube memang memiliki opsi berlangganan yang disebut Premium.

Jika seorang pengguna YouTube Premium menonton video yang kalian unggah, nantinya kalian akan mendapatkan porsi dari biaya berlangganan yang dibayarkan pengguna tersebut.

Kalian tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengaktifkan fitur ini. Tapi selalu pastikan konten kalian mengikuti panduan komunitas YouTube agar bisa mendapatkan uang dari YouTube Premium.