26 Januari 2023

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Insiden Penembakan pada Festival Imlek di California, Amerika Serikat

California, Polisi Negara California mengkonfirmasi bahwa benar terjadi insiden penembakan masal di Monterey Park, California, Amerika Serikat. Insiden penembakan itu terjadi pad jam 22:00 waktu setempat.

Diinformasikan saat itu sedang berkumpul ribuan orang di Monterey Park untuk perayaan festival Tahun Baru Imlek, yang menarik perhatian hingga lebih dari 100 ribu pengunjung. Dimana populasi Monterey Park sendiri sudah mencapai 60 ribu orang.

Indentifikasi tersangka insiden penembakan

Kemudian pada hari Senin, 22 Januari 2023, polisi setempat menyatakan telah mengidentifikasi tersaka pelaku penembakan masal tersebut. Seorang pria yang berusia 72 tahun dan bernama Huu Can Tran. Yang telah tewas dengan menembak dirinya sendiri dalam sebuah mobil van yang dikepung polisi.

Insiden penembakan tersebut menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai  10 orang lainnya. Dan insiden yang sama juga terjadi secara terpisah di Alhambra sekitar 20-30 menit kemudian. Namun dilaporkan tidak ada yang terluka.

Robert Luna, Sheriff Los Angeles Country saat diwawancara mengatakan penyelidikan sedang berjalan dan pihak sheriff sedang mendalami untuk mengetahui bagaimana hal mengerikan seperti ini bisa terjadi.

Baca Juga :  Pedemo Kasus Penembakan Warga Kulit Hitam AS Bakar Restoran

Pelaku tewas bunuh diri

Petugas kepolisian Torrance menemukan van putih yang cocok dengan deskripsi, dan mengikutinya ke tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan. Selanjutnya saat petugas kelaur dan mendekati mobil van tersebut, terdengar suara tembakan. Namun Petugas tidak membalas tembakan tersebut. Para petugas mundur dan digantikan dua kendaraan lapis baja dari SWAT tiba di tempat kejadian sebagai back-up. Namun saat dilakukan pemeriksaan, tersangka pelaku penembakan menderita luka tembak yang dilakukan oleh dirinya sendiri.

Tersangka dinyatakan tewas ditempat kejadian. Para penyidik yang lakukan pengeledahan pada mobil van tersebut, ditemukan beberapa barang bukti didalam mobil. Yang menghubungkantersangka denga dua lokasi penembakan, yakni Monterey Park dan Alhambra. Serta ditemukan sebuah pistol.

Dilaporkan sebagian besar korban berusia diatas 50 tahun. Dan pihak berwenang akan selidiki riwayat kriminal pelaku, serta kesehatan mentalnya. Sebelumnya posisi telah merilis foto pria terduga pelaku penembakan pada Monterey Park. Pria tersebut berusia paruh baya dan merupakan pria keturunan Asia yang berkacamata.