30 Oktober 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

datuk99

Huawei memastikan akan meluncurkan smartphone lipat terbarunya Mate Xs, di Indonesia.

CNNdaily – Jakarta, Huawei memastikan akan meluncurkan smartphone lipat terbarunya, Huawei Mate Xs, di Indonesia. Peluncuran rencananya akan digelar pada pertengahan 2020, sekitar kuartal ketiga (Q3).

“Kami akan segera merilisnya di Indonesia. Kami akan coba masuk di pertengahan tahun atau Q3 ini, karena ini merupakan bagian dari rencana kami untuk dapat sesegera mungkin membawa flagship ke Indonesia,” ungkap Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group, Lo Khing Seng, dalam acara pengumuman Huawei Mate Xs di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Lo Raja Seng mengungkapkan sampai saat ini tidak ada hambatan internal untuk rilis Huawei Mate Xs Indonesia.

Masalah pemblokiran oleh Amerika Serikat (AS) sejak tahun lalu, sebelumnya membuat perusahaan tidak dapat merilis Mate X Indonesia.

“Untuk rencana Mate X karena ada faktor eksternal terkait AS, dari suplai dan strategi mengalami kesulitan. Kalau Mate Xs ini kami sudah tahu situasi dan sudah bisa diatasi. Untuk faktor internal tidak ada perubaha, kami tetap bawa ke Indonesia, tapi kalau faktor eksternalnya nanti saya tidak bisa janji,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  Distribusi BBM di Wilayah Terdepan Naik 696 Persen

Dia juga optimis bahwa kehadiran Mate Xs di Indonesia akan mampu menarik perhatian konsumen.

“Saya yakin ini akan sangat menarik untuk konsumen dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” tutur Lo Khing Seng.

Sekilas gambaran Mate Xs masih memakai desain yang mirip dengan pendahulunya, namun Huawei telah membuat sejumlah perbaikan, termasuk struktur engsel yang dibuat lebih baik dari seri yang sebelumnya. Selain itu, peningkatan itu juga dilakukan dalam sistem pendingin perangkat.

Chipset Kirin 990  akan menjadi otaku tama dari Smartphone didukung 5G ini. Huawei menghadirkan Xs pasangan layar lipat OLED yang turut memperkuat struktur perangkat.

Layar Mate XS, menurut Huawei, memiliki konstruksi “quad-layer” dengan dua lapisan polymide transparan di atas panel display OLED yang lentur. Di lapisan terbawah ada polymer yang berfungsi sebagai bantalan sekalius menghubungkan layar dengan bodi perangkat.

Pada saat dilipat, perangkat akan hadir dengan layar ukuran 6 inci, sedangkan bila dibuka, Mate Xs memiliki tampilan lansekap 8 inci.

Spesifikasi selebihnya dari Mate XS masih sama dengan Mate X, termasuk baterai 4.500 mAh, serta rangkaian kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 40 MP f/1.8, kamera telephoto 8 MP f/2.4, kamera ultra wide 16 MP f/2.2, dan kamera 3D depth sensing. Dari sisi software, karena Huawei masih masuk daftar hitam entity list AS, Mate XS menggunakan OS Android versi open source dan tidak memiliki layanan-layanan atau aplikasi Google seperti toko Play Store.


Sebagai gantinya, Mate XS menggunakan aneka layanan buatan sendiri dari Huawei (HMS), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/2/2020). Berbeda dari Mate X yang hanya dipasarkan di China, Huawei berencana menjual Mate XS secara global. Harganya dipatok sebesar 2.499 euro atau sekitar Rp 37,8 juta dan akan mulai dirilis pada Maret mendatang.

Baca Juga :  Enak Enak Kelonan Dengan SPG, Istri Datang Gerebek Bareng Polisi
datuk99