26 Februari 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

kingkongvip

Berapakah Gaji PM Mahathir? Dan Ringgit Melemah Setelah Pengumuman Pengunduran Dirinya

CNNdaily, Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad telah memutuskan untuk mengundurkan diri. Dia mengirim surat pengunduran dirinya kepada Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

Ketika menjadi Perdana Menteri Malaysia, gaji Mahathir terbilang biasa saja, tapi tentunya akan lebih besar dari gaji menteri.

Catatan redaksi CNNdaily melihat di situs Parlemen Malaysia, gaji bulanan Perdana Menteri RM 22.827 (sekitar Rp 74.800.000), Wakil Perdana Menteri RM 18.168 (sekitar Rp 59.500.000), Menteri RM 14.907 (sekitar Rp 48.800.000) dan Wakil Menteri RM 10.848 (sekitar Rp 35,5 juta).

Meskipun gaji tidak besar, Mahathir membuat terobosan yang disorot saat belum lama menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia untuk kedua kalinya. Dia mengumumkan untuk memotong gaji semua menteri dari kabinetnya untuk mengurangi utang nasional mencapai 1 triliun Ringgit.

Tidak Tanggung – tanggung, Mahathir memotong 10% dari gaji masing-masing menteri. Selain untuk mengurangi utang, pemotongan gaji juga bertujuan untuk mengurangi pengeluaran pembelanjaan pemerintah.

Keputusan itu diambil setelah Mahathir menyalahkan pemerintahan sebelumnya yang dipimpin oleh Najib Razak, yang menyebabkan membengkaknya utang nasional.

Baca Juga :  Eks Pilot AU Turki yang Terlibat Kudeta, Divonis Penjara 648 Tahun

“Saya sudah diberitahu bahwa utang kita sebenarnya 1 triliun Ringgit, tetapi hari ini kita bisa mempelajari dan mencari cara untuk mengurangi utang ini. Potongannya adalah pada gaji pokok menteri. Ini untuk membantu keuangan negara,” ujar Mahathir saat konferensi pers usai memimpin rapat mingguan Kabinetnya yang pertama sejak dilantik menjadi PM pada 10 Mei 2018.

Ringgit melemah setelah PM Mahathir ajukan Surat Pengunduran Diri

“Ini telah menjadi praktik saya. Saya juga melakukan hal yang sama ketika saya menjadi perdana menteri pada tahun 1981,” imbuh Mahathir seperti dilansir media Malaysia, The Star, Rabu (23/5/2018).

Ringgit Melemah

Surat resign dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sepertinya memberikan pengaruh terhadap pergerakan mata uang ringgit. Ringgi hari ini melemah cukup dalam bahkan mencapai level terendah sejak Oktober 2017.

Melansir data Reuters, Senin (24/2/2020), hari ini ringgit Malaysia tercatat turun 0,89% ke posisi 4.226 per US$. Tren pelemahan ini juga telah terjadi sejak akhir bulan lalu.

Jika dilihat dari data historisnya, pelemahan ini sudah melewati level terendah di sepanjang tahun tepatnya pada 3 September 2019 yakni 4.223 per US$.

Baca Juga :  Tanggapan Grandmaster Catur Indonesia Perihal Pernyataan UAS "Catur Haram"
kingkongvip