31 Oktober 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

jokervip

Menhub Budi Karya Positif Corona, Luhut Ditunjuk Sebagai Penggantinya

CNNdaily-Jakarta, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terjangkit virus corona (COVID-19). Ia merupakan pasien positif COVID-19 No.76. Total pasien sembuh 8 orang dan meninggal 5 orang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers, Sabtu (14/3/2020). “Atas izin keluarga, kami menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif corona,” ujar Pratikno.

Meski demikian dia tidak menyampaikan bagaimana Menhub bisa terjangkit virus corona. “Tugas beliau sebagai Menhub terdepan dan aktif dalam penanganan dampak corona,” ujarnya.

Sebagai pengganti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Menhub Ad Interim. “Tugas Kemenhub berat saat ini, dan Bapak Presiden mengangkat Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim,” kata Pratikno.

Penunjukkan Luhut ini dilakukan Jokowi supaya fungsi-fungsi kementerian di pemerintahan tidak akan terganggu. “Dan semoga masalah Covid ini bisa teratasi dengan baik,” ujar Pratikno lagi.

Sebelumnya, Budi Karya sempat menghadiri Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju pada Rabu 11 Maret 2020. Ia mengikuti dua Ratas, yakni Otonomi Khsuus papua dan Permasalahan Tanah Sumatera Utara.

Jauh sebelumnya, Aktivitas Budi Karya yang muncul ke publik terakhir saat dia menyaksikan langsung proses pemulangan ke-69 WNI ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Senin (2/3/2020) dini hari WIB.

Baca Juga :  Perawat Amrik : Hampir Semua Pasien Corona Matanya Memerah

Setelah itu, hanya ada pernyataan tertulis dari Kemenhub soal kegiatan Menhub yang melakukan pemanggilan Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Chandra Dwiputra, Selasa (3/3/2020), terkait proyek kereta cepat yang membuat genangan air di Tol Cikampek.

“Saat ini Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Pare Pare, Kertajati dan Indramayu,” kata Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, kepada CNBC Indonesia, beberapa waktu lalu.

Artinya, kala mengikuti ratas di istana negara tengah pekan ini, Budi Karya sedang menjalani proses pemulihan. Kini, Menurut Pratikno, Budi Karya dalam kondisi stabil dan terus membaik dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto.