19 Februari 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

bj.habibie

BJ Habibie di Mata Jokowi ke SBY

Cnndaily.net,surabaya – Presiden RI ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie meninggal pada usia 83. Sosok Pak Demokrasi meninggal di Rumah Sakit Angkatan Darat, Jakarta, pada hari Rabu, 11 September 2019 pada malam hari.

BJ Habibie akan dimakamkan siang ini di Pemakaman Pahlawan Kalibata (TMP), di selatan Jakarta, tepat di sebelah istrinya, Hasri Ainun Besari.

Indonesia sedang berduka. Tidak terkecuali mantan orang nomor 1 di Indonesia. Salah satunya adalah presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Menurut SBY, Indonesia kehilangan putra terbaiknya setelah kematian BJ Habibie. Dia yang mengaku memiliki hubungan dekat dengan Habibie tidak bisa menyembunyikan rasa sakitnya.

baca juga :Albert Einstein Dikenal Sangat Jenius, Tapi Mengapa 2 Anaknya Malah Mengidap Gangguan Mental? Ini Penyebabnya!

Tidak hanya itu, Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi juga datang langsung ke RSPAD tadi malam. Dia juga mengundang semua orang Indonesia untuk berdoa bagi BJ Habibie.

Berikut belasungkawa Presiden Indonesia, Jokowi, dan orang nomor 1 di Indonesia atas kematian BJ Habibie di Liputan6.com:

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meratapi rumah duka BJ BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2019). Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana Jokowi sekitar pukul 09.06 WIB.

Setelah Jokowi tiba di Gatot Soebroto dari Rumah Sakit Tentara Pusat (RSPAD), di Jakarta Pusat, pada hari Rabu, 11 September 2019.

Baca Juga :  Ingin Perpanjang Kontrak Kerja, Pegawai Honorer K2 Dan Non-K2 DKI Di Rendam Dalam Got

“Pagi ini saya kembali beribadah di rumah duka Pak BJ Habibie. Meskipun tadi malam saya pergi ke Rumah Sakit Angkatan Darat, tetapi ini merupakan penghormatan kepada kita semua. Dari pemerintah untuk jasanya kepada bangsa dan negara,” katanya Jokowi di kediaman BJ Habibie.

Jokowi mengatakan bahwa BJ Habibie dikenal sebagai ilmuwan kelas dunia, juga bapak teknologi Indonesia dan presiden ketiga Republik Indonesia.

Upacara kematian BJ Habibie juga akan diadakan di Pemakaman Pahlawan Kalibata (TMP), di Jakarta selatan, sekitar pukul 13.30 WIB. Jokowi akan mengarahkan pemakaman.

“Aku akan bertindak sebagai inspektur upacara,” katanya.

Jokowi meminta serangkaian doa dari semua orang Indonesia untuk mendiang BJ Habibie.

“Saya mengundang seluruh komunitas untuk berdoa bersama agar Allah Subhanahu Wata’ala menerima jiwanya dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya,” Jokowi menekankan.

Selain itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersama dengan Ibu Mufidah Jusuf Kalla juga menyampaikan belasungkawa atas kematian BJ Habibie.

“Kami telah kehilangan putra terbaik di negara ini, saya berharap almarhum memiliki tempat yang mulia dengan Allah SWT,” kata JK di Jakarta.

baca juga :Dianiaya 11 Orang, Petani di Karo Tewas dengan Luka Bacok di Kepala

Baca Juga :  Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Presiden DPP PDW Megawati Soekarnoputri, yang juga merupakan presiden kelima Republik Indonesia, mengklaim telah kehilangan sebagian besar kematian BJ Habibie.

“Bangsa ini telah kehilangan sosok pemimpin yang menginspirasi yang tidak pernah lelah memberikan antusiasme dan inspirasi bagi anak-anak Indonesia untuk berjuang untuk mendominasi ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kunci untuk kemajuan bangsa,” kata Megawati dalam pernyataan tertulisnya. .

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan almarhum BJ Habibie adalah sosok yang merupakan sahabat Megawati.

“Ms. Megawati mengingat almarhum tidak hanya sebagai teman. Kedua pemimpin sangat dekat. Ada momentum besar dalam persatuan mereka. Bahkan di beberapa forum, ada keintiman di antara mereka,” katanya.

Dia mengatakan, pada salah satu pertemuan makan siang, Mega terkesan dengan antusiasme Habibie untuk mewujudkan impian pentingnya dominasi teknologi dalam menanggapi tantangan Indonesia sebagai negara kepulauan dengan populasi terbesar keempat di dunia.

Presiden Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P), kata Hasto, menginstruksikan seluruh keluarga PDI-P untuk menghormati dan meniru hidupnya.

“Ibu Megawati juga berharap bahwa Presiden Jokowi dapat memberikan penghormatan terbaik kepada sosok yang telah menjadi ikon impian anak-anak bangsa yang begitu mencintai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan ilmu Semoga bangsanya, almarhum Husnul Khatimah, “tutup Hasto.

Baca Juga :  Mark Zuckerberg Sebut Miliarder Harusnya Tidak Ada

Presiden Republik Indonesia yang kelima, Susilo Bambang Yudhoyono, mengunjungi rumah BJ Habibie, Kamis (9/12/2019). SBY datang bersama kedua putranya, Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono, serta dua menantunya..”Rakyat Indonesia menderita. Kami telah kehilangan salah satu dari anak-anak terbaik di negara ini, Tuan BJ Habibie. Saya harus mengatakan bahwa kami benar-benar kehilangan, bukan hanya bapak reformasi, bapak demokrasi, tetapi juga bapak teknologi, “kata SBY.

SBY mengatakan, secara pribadi, bahwa ia dan BJ Habibie memiliki hubungan yang sangat dekat. Kondisi itu terasa ketika dia menjadi presiden dan tidak lagi di pemerintahan.

“Saya memiliki kedekatan pribadi baik sebelum menjadi presiden, terutama di era reformasi setelah saya menjadi presiden. Dan bahkan ketika kami tidak lagi dalam pemerintahan. Sejujurnya, ketika Ny. Ani meninggal, kami Hubungan keluarga semakin dekat, “katanya.

Karena itu, lanjut SBY, dia secara pribadi benar-benar kehilangan sosok BJ Habibie. Namun menurut SBY, keputusan Tuhan akan menjadi yang terbaik bagi BJ Habibie.

“Saya percaya bahwa keputusan Tuhan adalah keputusan terbaik. Saya sebagai teman, seperti adiknya, bergabung dengan saya untuk berdoa agar saya dapat hidup damai dengan Allah SWT,” kata SBY.