14 Januari 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

specialispoker

AirAsia Hentikan Operasional Pesawat, Karena Ada Pasien Yang Positif Corona

CNNdaily – Jakarta,  AirAsia memastikan telah melakukan penanganan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah dan juga organisasi kesehatan internasional. Langkah ini menanggapi informasi adanya penumpang penerbangan QZ 556 tujuan Kuala Lumpur dari Bali yang diduga positif Corona.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga menjelaskan, perusahaan telah memantau perkembangan informasi terkait penumpang penerbangan QZ 556 tujuan Kuala Lumpur dari Bali pada tanggal 19 Maret 2020. AirAsia juga tengah melakukan koordinasi lebih lanjut dengan otoritas terkait.

“Dapat dikonfirmasi bahwa seluruh penumpang dalam penerbangan tersebut telah melalui proses pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki pesawat dan tidak ditemukan adanya penumpang yang menunjukkan gejala sakit,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).

Sebagai langkah inisiatif pencegahan dan sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, AirAsia telah menginstruksikan seluruh awak kabin yang bertugas dalam penerbangan itu untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dan melakukan karantina pribadi.

“Sejak informasi terkait kami terima, pesawat yang digunakan pada penerbangan tersebut juga telah berhenti dioperasikan dan sedang dalam penjadwalan untuk proses pembersihan dengan cairan desinfektan,” tutur dia.

Baca Juga :  Kemlu Siap Bantu Urus Jenazah WNI yang Meninggal Akibat Virus Corona

Pihak Maskapai selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan penumpang dan karyawannya, serta mematuhi imbauan dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat serta organisasi kesehatan internasional.

Sebelumnya sempat viral di media sosial bahwa salah satu penumpang AirAsia penerbangan QZ556 yang positif terinfeksi virus Corona. Penumpang tersebut melakukan penerbangan tujuan Kuala Lumpur dari Bali pada tanggal 19 Maret 2020.

Kabar tersebut disampaikan oleh akun twitter @meinmokhtar pada 24 Maret 2020. Berikut tulis akun tersebut:

“Tolong hebahkan ke yang lain. Ayah kawan saya @arepjunaidi didapati positive Covid 19. Currently arep and other family members tengah pergi cek dekat klinik. Siapa yang naik flight AirAsia Indonesia QZ556 DPS-KUL 19.03.2020. Minta diaorg pergi buat test Covid-19.”

Sebelumnya AirAsia juga membatalkan seluruh penerbangan menuju kota Wuhan, China akibat wabah virus corona di kota tersebut.

“Semua penerbangan AirAsia dari Kota Kinabalu, Bangkok dan Phuket ke Wuhan, China untuk sementara dibatalkan hingga 28 Januari 2020,” ucap AirAsia melalui keterangan persnya Kamis (23/01/2020).

Perusahaan maskapai tersebut mengatakan pembatalan penerbangan tersebut dilakukan untuk  mematuhi saran dan peraturan dari otoritas kesehatan global dan lokal, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga :  Jokowi Resmi Bubarkan dan Mengalihkan Tugas 10 Lembaga Negara Nonstruktural
AirAsia