4 Desember 2022

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

buah salak

6 Manfaat Dari Buah Salak Bagi Kesehatan

Cnndaily.net , JakartaSalak termasuk buah dengan mudah tersedia hampir sepanjang musim di Indonesia. Buah ini biasanya disajikan sebagai dessert ternyata mengandung banyak nutrisi.

Buah dengan kulit bergerigi yang mengandung protein, vitamin C, serat, zat besi, kalsium, fosfor, hingga karbohidrat sangat baik untuk kesehatan. Buah ini juga kaya akan beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat yang bekerja untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan bahkan kanker.

Hal ini diketahui, kulit kayu mengandung lima kali lebih banyak beta-karoten dibandingkan buah lain seperti semangka dan mangga. Dengan konten banyak, apa manfaat lain dari kulit kayu bagi kesehatan kita? merangkum enam dari yang dilaporkan dari berbagai sumber.

Baca juga: Warga Pulau Bangka Menemukan 3 Mayat Tanpa Identitas dalam 3 Hari Berturut-turut

1. Obat Mata

Menurut penelitian dari spesialis kesehatan, banyaknya kandungan beta-karoten dalam buah salak bermanfaat sebagai obat mata. Anda bisa mengonsumsinya menjadi jus salak sebagai alternatif dari jus wortel yang lebih dikenal manfaatnya untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam salak juga sangat membantu meningkatkan ketajaman mata.

Baca Juga :  Ngamuk Karena Tidak Beri Utang, Anak Ratu Dangdut Elvy Sukaesih Membuat Keributan

2. Lancarkan Pencernaan

Seperti kebanyakan buah lainnya yang memiliki serat tinggi, salak juga memiliki kandungan kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta-karoten yang sangat bagus untuk menutrisi perut. Misalnya, tanin yang berkhasiat anti-diare.

Selain itu, salak juga dapat menjadi obat untuk gangguan pencernaan lambung. Akan lebih baik lagi, jika Anda makan salak bersamaan dengan kulit ari tipisnya yang dapat mencegah sembelit.

Baca juga: Keriput Pasca Menopause Dapat di Cegah Menggunakan Kacang Almond

3. Kontrol Gula Darah

Salak mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang bantuk untuk kendalikan diabetes. Sangat bagus jika Anda menambahkan salak ke dalam makanan Anda karena cukup bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Selain dagingnya, kulit salak yang dikeringkan dan dibuat menjadi teh juga bisa membantu regenerasi sel pankreas yang membantu mengendalikan diabetes.

4. Bantu Turunkan Berat Badan

Salak mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Salah adalah buah yang dicari banyak orang untuk bantu turunkan berat badan. Itu karena salak mengandung kalsium dan karbohidrat yang menyediakan energi dan stamina yang diperlukan bagi tubuh yang sedang diet. Sementara, teh dari kulit buah salah juga berkhasiat yang sama untuk turunkan berat badan.

Baca Juga :  Polisi Pantau Akun Veronica Koman di Indonesia Dan Luar Negeri

5. Baik bagi Ibu Hamil

Banyak yang mengatakan bahwa salak tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Itu benar, tapi maksudnya tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Pasalnya, kandungan zat besi dalam salak yang bisa bantu atasi anemia pada ibu hamil. Salak juga dikenal memiliki senyawa yang mampu atasi mual di pagi hari pada ibu hamil.

Asupan kalsium yang cukup dalam buah salak juga bisa membantu ibu hamil dalam proses pembentukan tulang janin. Mengonsumsi salak manfaatnya bukan hanya pada ibu yang mengonsumsinya, tapi juga berefek pada janin yang dikandung. Tapi ingat, konsumsi salak rutin cukup satu atau dua buah saja per hari.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Salak memiliki kandungan mineral dan bahan aktif seperti potasiom, beta-karoten dan pektin. Pektin adalah salah satu kandungan yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Ini membuat kognisi dan daya ingat seseorang menjadi lebih baik. Selain itu, kandungan oksidatif dalam salah juga bantu hilangkan stres dan menurunkan risiko penyakit otak.

Baca Juga :  3 Bahan kimia Dalam Makanan Sebagai Pemicu Kanker