29 November 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

kesehatan mata

4 tips untuk menjaga kesehatan mata di masa milenium (20-30 tahun)

Cnndaily.net, Jakarta – Semua fungsi tubuh umumnya melemah seiring bertambahnya usia, termasuk fungsi indra penglihatan. Sebagai aturan, mata mulai menjadi kurang waspada ketika kita mencapai usia 20 hingga 30 tahun. Namun, tidak perlu khawatir! Anda sebenarnya bisa, sambil menjaga kesehatan mata di usia ini.

Tips menjaga kesehatan mata di usia 20 dan 30-an

Mata adalah salah satu organ tubuh di mana Anda harus mempertahankan fungsinya dengan benar. Karena itu, tidak perlu menunggu usia tua untuk mulai menjaga kesehatan mata seseorang. Semakin cepat Anda mulai mempertahankan fungsi penglihatan Anda, semakin cepat Anda mendapat manfaat.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda terapkan mulai sekarang untuk tampilan bangun sampai usia tua.

1. Makan makanan yang sehat buat mata

Cara termudah untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah makan makanan sehat. Isi piring Anda setiap hari dengan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan karoten.

Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan, yang tidak hanya bermanfaat bagi mata, tetapi juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh terhadap penyakit.

Baca Juga :  Distribusi BBM di Wilayah Terdepan Naik 696 Persen

Anda bisa mendapatkan semua suplemen nutrisi ini dengan makanan sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi hijau, brokoli, lobak hijau), kacang, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, ikan sarden) dan lain-lain

Baca juga : Lucu, Uang Pemprov Sumut Sebesar Rp 1,8 Miliar Bisa Hilang?? Semua Pura Pura Tidak Tahu

2. Pakai sunglass ketika beraktivitas di luar ruangan

Bukan hanya kulit yang Anda butuhkan untuk sembuh ketika Anda berada di ruang terbuka, mata Anda juga. Namun tentu saja dengan cara yang berbeda.

Saat cuacanya sedang atau berawan, Anda harus mengenakan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar UV.

Dalam jangka panjang, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata (pinguecula), serta masalah mata lainnya.

3. Hindari rokok

Selama ini, merokok sering dikaitkan dengan masalah jantung dan paru-paru. Bahkan, merokok juga berdampak negatif pada penglihatan Anda.

Perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula, katarak, uveitis, dan bahkan kebutaan. Karena itu, berhentilah merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan mata Anda sejak Anda muda

Baca Juga :  Korea UtaraTebar Ancaman , AS Bersumpah Pertahankan Korea Selatan

Jika Anda bukan perokok pun tetap perlu menghindari paparan asap rokok dari orang sekitar. Menjadi perokok pasif (secondhand smoker) bisa sama berbahayanya dengan perokok aktif.

Baca juga : Lima Tempat Wisata Kuliner Nikmat dan Murah di Balikpapan

4. Rutin cek ke dokter mata

Bahkan, dianjurkan untuk memeriksa mata secara teratur pada usia berapa pun. Namun, kebiasaan ini menjadi penting, terutama selama ribuan tahun dari 20 tahun.

Dokter Anda akan melakukan serangkaian tes untuk melihat seberapa baik penglihatan Anda dapat mendeteksi masalah mata pada tahap awal. Bahkan jika Anda tidak memiliki gejala atau keluhan apa pun pada tahap ini.

Pemeriksaan mata secara teratur juga dapat memberi tahu Anda jika kacamata resep Anda saat ini tidak akurat dan perlu diperbarui.