22 Februari 2021

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

39 mayat

39 mayat

Heboh Penemuan 39 Jasad Dalam Kontainer Di Inggris

Cnndaily.net, Jakarta – Polisi Inggris menggerebek dua lokasi di Irlandia Utara terkait proses penyelidikan atas kematian 39 orang yang ditemukan di sebuah wadah truk di taman industri di Grays, sebelah timur London. Media lokal menyebut seluruh korban adalah warga negara Cina, namun kepolisian tidak akan mengkonfirmasi laporan tersebut.

Supir truk berusia 25 tahun dan berasal dari Irlandia Utara telah ditahan.

Truk pembawa 38 jasad manusia dewasa dan satu jasad remaja memasuki Inggris menuju Holyhead di pelabuhan North Wales. Pelabuhan ini menjadi pintu masuk lalu lintas dari Irlandia.

Baca juga : 5 Wisata Air Terjun Cantik di Sumatera Utara Buat Liburan Seru!

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson menegaskan di parlemen pada hari Rabu (23/10) bahwa penyelundup manusia akan dituntut secara hukum sepenuhnya. Namun begitu, Inggris tetap menjadi tujuan yang menarik bagi para imigran, bahkan ketika Inggris sedang menegosiasikan perceraiannya dengan Uni Eropa.

Pemimpin partai oposisi Inggris, Partai Buruh, Jeremy Corbyn mengatakan penemuan 39 jasad manusia dalam truk merupakan tragedi kemanusiaan yang tak dapat dipercaya yang membutuhkan jawaban.

Baca Juga :  Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto: Komitmen Pemerintah, Komitmen Toyota Astra

“Dapatkah kita memikirkan sejenak seperti apa rasanya 39 orang itu, jelas dalam situasi putus asa dan berbahaya, hidup mereka berakhir, tewas dalam kontainer,” kata Corbin.

Baca juga: Indonesia Raih Peringkat Pertama Dalam Top 20 Countries in the World Readers’ Choice Award 2019

Perdana Menteri Leo Varadkar mengatakan aparat berwenang Irlandia akan melakukan investigasi jika truk itu melewati Irlandia. Diduga rute truk itu berawal dari Bulgaria melintasi Irlandia dan kemudian ke Inggris.

Proses penyelidikan identitas 39 korban diperkirakan akan berlanngsung lama. Polisi Inggris akan menjadikan kasus ini sebagai prioritas utama untuk diselidiki.

Menurut laporan Reuters, selama bertahun-tahun imigran ilegal berusaha masuk Inggris dengan berbagai cara yang berbahaya.

Tragedi imigran ilegal pada tahun 2000 menyisakan pertanyaan ketika pejabat bea cukai menemukan jasad 58 orang Cina dijejalkan ke dalam truk pengangkut tomat di pelabuhan Dover di selatan Inggris.