9 Agustus 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Vietnam Mengkonfirmasi Kematian Pertama akibat Covid-19

CNNdaily – Jakarta, Vietnam mengkonfirmasi kematian pertama pasien Covid-19 pada Jumat (31/7), seorang pasien berusia 70 tahun.

Kantor berita Vietnam, VNA mengabarkan pasien meninggal pada Jumat pagi setelah mendapat perawatan dari Rumah Sakit Pusat Hue.

Pasien tersebut merupakan penduduk kota Hoi An dan sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Da Nang setelah mengalami gejala terinfeksi virus corona pada 9 Juli. Ia kemudian dinyatakan positif Covid-19 pada 26 Juli lalu.

Vietnam juga mengonfirmasi 37 kasus baru pada Jumat malam, sehingga total infeksi virus corona menjadi 546.

Kendati sempat melaporkan nihil kasus corona selama tiga bulan, Vietnam kembali mencatatkan kasus baru setelah ada lonjakan di Da Nang.

Vietnam mengkonfirmasi

 

Lockdown

Pemerintah Vietnam kemudian memutuskan untuk menutup (lockdown) Da Nang selama dua pekan setelah terjadi penularan terhadap 15 orang. Penularan kasus corona di Da Nang dilaporkan terjadi secara lokal.

Menurut data, 15 orang yang positif Covid-19 adalah pasien dan petugas kesehatan di rumah sakit Da Nang.

Pemerintah kemudian menutup sementara seluruh tempat usaha di Da Nang dan menerapkan kebijakan jaga jarak.

Baca Juga :  Kisah Tragis Kasus Video Vina Garut, Akankah Berlanjut?

Pemerintah Vietnam memutuskan menghentikan layanan transportasi umum dari dan menuju Da Nang. Para wisatawan lokal yang sedang berlibur di kawasan pantai Da Nang juga dipulangkan.

Kebijakan lockdown itu sangat berdampak terhadap industri pariwisata setempat, yang mencoba bangkit dari pandemi virus corona yang semakin menurun sejak April lalu.

“Hotel kami sekarang sepi. Namun, kami membantu para tamu untuk meninggalkan kota selagi masih ada kesempatan,” kata seorang pegawai hotel di Da Nang.