10 Agustus 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

datuk99

Janji Erick Thohir Meremajakan Perusahaan Pelat Merah Semakin Terbukti

CNNdaily – Jakarta, Ikrar Menteri BUMN Erick Thohir dalam meremajakan perusahaan pelat merah semakin terbukti dengan mengangkat Fajrin Rasyid ke dalam jajaran direksi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

Pria yang baru berusia 34 tahun tersebut dilantik sebagai Direktur Digital Telkom dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan, Jumat 19 Juni 2020.

Fajrin Rasyid terpilih lantaran ia merupakan sosok yang tak asing lagi di industri digital Tanah Air. Dirinya bersama Achmad Zaky dan Nugroho telah mendirikan Bukalapak sejak 2010. Posisinya semakin dipertegas kala menjabat Presiden Bukalapak pada Juni 2018.

Semakin Terbukti

Atas dasar tersebut, Erick Thohir pun mantap akan pilihannya. “Saya sangat percaya perubahan ini dari usia muda. Telkom sendiri salah satunya, saya bocorkan salah satu direksinya usianya di bawah 40 tahun,” ucap dia sebelum pengangkatan, seperti dikutip Sabtu (20/6/2020).

Sebelumnya, mantan pemilik Inter Milan ini juga telah menarik sejumlah kelompok milenial untuk masuk ke dalam jajaran komisaris perusahaan BUMN. Seperti Fadli Rahman, pemuda 33 tahun yang didapuk sebagai Komisaris di PT Pertamina Hulu Energi sejak 20 Januari 2020.

Baca Juga :  Karateka Putri Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung Inginkan Podium di SEA Games Perdananya

Fadli Rahman bukan satu-satunya komisaris BUMN yang berasal dari generasi muda. Erick juga mengangkat Adrian Zakhary (32 tahun) sebagai Komisaris PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Kemudian ada M Arief Rosyid Hasan (33 tahun) yang kini menjadi Komisaris Independen Bank Mandiri Syariah, serta Septian Hario Seto (36) selaku Komisaris PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sebelumnya, Septian merupakan mantan Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan periode 2018-2020.

Tapi, Erick ternyata tidak tebang pilih dalam mengajak kaum milenial masuk ke perusahaan BUMN. Sebab, ia juga pernah mencopot seorang pemuda dari posisi direksi di sebuah perusahaan pelat merah besar.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk 2020, dia menurunkan Ario Bimo yang sempat dielukan sebagai direktur milenial pertama di BNI.

Rentang masa jabatannya juga terhitung pendek. Ario diangkat sebagai Direktur Keuangan BNI melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 30 Agustus 2019. Kala itu, usia Ario pun masih 38 tahun.

Baca Juga :  Diteken Jokowi, Jualan di Toko Online Kini Wajib Kantongi Izin