10 Agustus 2020

Berita Indonesia dan Dunia, Kabar terbaru terkini, Politik, Peristiwa, Bisnis, Bola, Teknologi dan Peristiwa

Maimanah Umar

Innalillah, Mantan Senator 3 Periode Asal Riau Maimanah Umar Tutup Usia

Cnndaily.net , Jakarta – Mantan senator dari Riau Maimanah Hj Umar meninggal 82 tahun. Almarhum tiga kali menjabat sebahai Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk tiga periode.

Maimanah Umar meninggal pada hari Senin (2019/12/02) di rumah sakit Malaka, Malaysia pada 14:20 pm. Sudah 10 hari Maimanah Umar berada di Malaka untuk perawatan.

“Selama di Malaka ibu berobat hipertensi. Tadi siang sekitar pukul 14.20 ibu meninggal dunia,” kata anak kandung Maimanah Umar, M Firdaus

Firdaus yang menjabat Kepala Biro Humas Pemprov Riau ini menjelaskan, bahwa almarhum sampai saat ini masih berada di Malaka. Rencananya hari ini juga akan diterbangkan ke Pekanbaru.

Baca juga: Peserta Reuni 212 mengikuti salat tahajud di Lapangan Monumen Nasional (Monas)

“Lagi cari pesawat untuk membawa pulang ibu. Rencananya besok (Selasa 3/12) akan dimakamkan di Kabupaten Kampar di kampung halaman. Karena almarhum ayah saya juga dimakamkan di sana,” kata Firdaus.

Maimanah Umar tercatat menjadi anggota DPD asal Riau selama tiga periode dari tahun 2004 – 2009, 2009-2014, 2014-2019.

Baca Juga :  Mulai Besok, Pengguna Skuter Listrik di Jalan Raya Akan Didenda Rp 250 Ribu

“Ibu saya tiga periode di DPD dan sebelumnya lima periode menjadi anggota DPRD Riau. Namun Pilek 2019 ibu tak ikut nyalon lagi karena usianya digantikan oleh adik saya Misharti yang sekarang di DPD,” kata Firdaus.

Tidak Banyak Perempuan di Riau Seperti Maimanah

Kepergian tokoh perempuan Riau yang hilang kepada masyarakat selamanya Bumi Lancang Kuning. Oleh karena itu, perjuangan Umar Maimanah adalah tidak ada habisnya meskipun di usianya yang sudah tua teteap berjuang bagi Riau.

Sehingga tokoh masyarakat di Riau Makmur Hendri mengaku Risau merasa kehilangan tokoh perempuan yang di anggap berjuang sepenuh hati dan tidak banyak sosok seperti Maimanah.

“Tidak banyak perempuan di Riau seperti beliau, saya baik seperti pribadi maupun atas nama tokoh masyarakat kehilangan beliau dan Riau kehilangan beliau,” perkataan Makmur Hendrik

Baca juga: Mitos Tentang Seks Agar Cepat Hamil yang Tidak Terbukti

Perannya sebagai anggota DPD sesuai dengan Makmur Hendrik cukup besar untuk memperjuangkan masyarakat Riau bahkan pada usia tua.

Baca Juga :  Soal Bom Medan, Gubernur Sumut: Bukan Berarti Polisi Lengah

Sifat yang tidak dimiliki perempuan lain, yang dimiliki Maimanah menurut Makmur Hendrik yang sudah kenal dekat dengan Maimanah sejak 30 tahun lalu itu adalah kegigihan.

“Gigih tidak pernah menyerah menjadi sifat Maimanah Umar yang di kenal di masyarakat. Salah satu yang selalu diperjuangkan beliau adalah bagaimana menghapus kemiskinan lewat dunia pendidikan yang dimanfaatkannya, beliau berjuang keras untuk itu,” Jelas Makmur Hendra yang juga sekampung dengan maimanah tersebut yakni Maimanah Umar di Teratak Buluh dan dirinya di Buluh Cina.

“Kami berharap bahwa anak-anak perempuan (Misharti) dan ada juga Instiawati Ayus mereplikasi dan terus semangat juang Maimanah Umar” harap Makmur